Nyetir Mobil Selagi Hamil? Ayo, Saja!

 

Ibu hamil tetap dapat beraktivitas seperti biasa, termasuk mengendarai mobil ke sana ke mari. Namun, ada beberapa hal yang  sebaiknya kita ingat.

Waktu yang paling ideal untuk mengemudi mobil adalah saat kehamilan Anda berada pada rentang usia 14-17 minggu (trimester ke-2). Sebab, keluhan rasa mual dan muntah biasanya sudah menghilang, serta ukuran perut Anda belum terlalu besar. Juga, risiko terjadinya keguguran karena pelekatan kurang kuat pada dinding rahim, sudah berlalu.

Namun, selama kondisi kehamilan Anda tidak bermasalah, Anda dapat mengemudi mobil sejak awal kehamilan sampai usia kehamilan Anda mencapai trimester ke-3. Hanya saja, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut.
  • Lakukan pemeriksaan lengkap kondisi kandungan serta kesehatan Anda sendiri, terutama sebelum melakukan perjalanan panjang dengan mengendarai mobil. Misalnya, ketika Anda harus dinas ke luar kota.
  • Periksa rutin kondisi kendaraan untuk menghindari masalah di tengah perjalanan.
  • Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi, bila Anda merasa pusing atau ada keluhan lainnya. Bila terpaksa, titipkan mobil Anda di tempat terdekat yang cukup aman, kemudian teruskan perjalanan dengan menggunakan taksi. Atau, minta pasangan Anda untuk menjemput.
  • Bila Anda melakukan perjalanan panjang, berhentilah beberapa kali, khususnya bila bagian belakang tubuh Anda sudah terasa pegal. Turun dan berjalan-jalanlah di sekitar mobil Anda, atau lakukan peregangan dan hal-hal lain yang membuat rasa pegal berkurang dan relaks.
  • Gunakan bantal tambahan untuk mengganjal bagian belakang tubuh Anda agar nyaman.
  • Beri jarak sekitar 10 cm antara perut Anda dan pegangan kemudi.
  • Kenakan baju hamil yang nyaman dan membuat Anda leluasa bergerak.
 

 



Artikel Rekomendasi