Tidur Nyaman Saat Hamil? Bisa Kok!

Banyak hal yang harus disesuaikan ketika hamil. Salah satunya adalah posisi tidur. Posisi tidur yang salah bisa membuat tidur Anda tidak enak, ketika bangun pun tubuh akan terasa sakit. Masalahnya, posisi tidur favorit Anda bisa menjadi tidak nyaman ketika hamil.  

Mungkin ketika sebelum hamil Anda merasa nyaman dengan posisi telentang atau tengkurap. Kini setelah hamil, posisi itu tidak lagi nyaman. Lalu, posisi seperti apakah yang nyaman bagi ibu hamil?

Tengkurap atau telentang? Tidur tengkurap atau telentang memang merupakan posisi yang tidak nyaman ketika hamil. Ketika Anda berada di trimester pertama, payudara yang terasa lembut mungkin masih membuat Anda merasa nyaman jika Anda tidur tengkurap. Tapi seiring dengan perkembangan janin dan membesarnya perut Anda, tidur tengkurap akan menjadi sangat tidak nyaman.

Tidur telentang akan membuat seluruh berat di perut Anda saat hamil ditumpukan pada punggung, usus, dan pembuluh darah inferior (pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung). Hal ini dapat meningkatkan risiko sakit punggung, sembelit, gangguan saluran pencernaan, dan lemahnya pernapasan dan sirkulasi.

Tidur telentang pada trimester kedua dan ketiga kehamilan juga dapat menyebabkan perubahan pada tekanan darah. Untuk beberapa wanita, tidur telentang dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah. Dan ini dapat membuat mereka merasa sangat pusing. Sedangkan untuk yang lain, tidur dalam posisi telentang dapat meningkatkan tekanan darah.

Miring ke kiri atau ke kanan? Posisi yang paling nyaman ketika hamil adalah miring. Selama masa kehamilan awal, Anda sudah bisa mencoba untuk melatih diri Anda tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi ini memberikan keuntungan untuk bayi Anda dengan memaksimalkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta. Posisi ini juga membantu ginjal Anda bekerja efisien dalam membuang kotoran-kotoran dan cairan-cairan dari tubuh, yang berarti juga dapat mengurangi rasa sakit pada pergelangan kaki, telapak kaki, dan tangan.

Untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman, tidurlah miring ke kiri dengan kedua lutut ditekuk, dan taruh sebuah bantal di antara kedua lutut Anda. Atur beberapa bantal di bawah pinggang dan dibelakang punggung Anda agar terasa lebih nyaman. Jika terasa pegal karena tidur dalam satu posisi, Anda bisa merubah posisi tidur miring ke kanan.

Anda juga bisa membeli bantal khusus kehamilan. Walaupun fungsinya kurang lebih sama dengan bantal biasa, namun bagi Anda yang suka merasa sesak napas, bantal kehamilan ini bisa membantu Anda meninggikan bagian atas tubuh Anda. Pada trimester ketiga, menggunakan bra tidur dan maternity belt dapat memberikan sokongan tambahan kepada payudara, pinggang, dan punggung Anda.

Namun jika Anda terbangun tengah malam dan mendapati posisi tidur Anda telentang atau tengkurap, jangan khawatir. Itu tidak akan mengganggu janin Anda. Anda tinggal merubah kembali posisi tidur Anda miring. Selamat tidur...

Angela Wika C.K, Redaksi Ayahbunda-Online



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88204   
>  Olahraga Terbaik Ibu Hamil   36000   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29525   
>  Mengasuh Anak Autis   21253