Kencing Tersendat Saat Hamil

 

T: Saya ibu dengan kehamilan kedua berusia 7 bulan. Saya mengalami gangguan saat mau buang air kecil (BAK). Kencing yang keluar tersendat dan hal itu membuat liang vagina terasa perih. Apa itu karena saya sempat menahan BAK sampai hampir 1 jam atau karena kondisi janin sungsang?

Sebelumnya saya memang ada gejala kencing batu, tapi kalau sudah banyak minum air pasti segera hilang sakitnya dan BAK lancar. Tapi yang sekarang saya alami disertai nyeri di liang vagina dan meski saya sudah banyak minum tetap saja tidak ada perubahan. Saya takut ini ada hubungannya dengan kondisi janin saat USG terakhir (kira-kira 2 minggu lalu) yang katanya sungsang.    

J: Ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan,apakah Anda mengalami keputihan dan terdapatnya noda kekuningan di celana dalam? Apakah Anda mengalami keluhan seperti nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut bawah saat melakukan hubungan dengan suami?

Infeksi yang terjadi pada mulut rahim atau organ kewanitaan juga dapat menyebabkan infeksi yang terjadi pada saluran buang air kecil. Hal ini dapat dipicu juga oleh minum yang kurang dan sering menahan air kecil, terutama wanita hamil yang sangat rentan untuk terjadinya infeksi ini.

Letak atau posisi anak biasanya tidak mempengaruhi buang air kecil. Namun ada beberapa kasus pada ibu hamil terjadi kesukaran untuk buang air kecil pada usia kehamilan 4-6 bulan, yang disebebkan oleh kelainan bentuk saluran kencing karena pengaruh dari kehamilan. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menemui dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Anda, sehingga dapat diketahui penyebab kencing yang tersendat dan mengobatinya dengan cepat dan tepat.

dr Femmy Zulkarnain, SpOG  
RSIA ANNA
, Bekasi Selatan

 



Artikel Rekomendasi