Stem Cell Bayi Obati Kanker

 

Tanya: Keluarga saya memiliki riwayat kanker. Dan saat ini saya sedang hamil 6 bulan. Apakah sel induk tali pusat bayi bisa menyelamatkan kami?

Jawab: Sel punca (stem cell) adalah sel khusus yang memiliki kemampuan berkembang biak (self renewal) dan berkembang menjadi sel spesifik (plasticity). Contoh, sel punca mesenkim dapat dipicu tumbuh menjadi sel otot jantung dan saraf. Sel punca hematogen menjadi sel darah merah dan putih. Tubuh orang dewasa memiliki sel punca, tapi jumlah dan kemampuan berkembangnya terbatas. Sedangkan, darah tali pusat bayi sangat kaya sel punca.

Penelitian pengobatan dengan sel punca memang menjanjikan. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter ahli, sejauh mana dapat mengobati kanker di keluarga Anda. Sebab, sebagian besar publikasi terapi sel punca, masih dalam ranah penelitian.

Terapinya juga tidak bisa sembarangan, sebab antigen atau HLA (Human Leukocyte Antigen) orang berbeda-beda. Agar berhasil, perlu dicocokan dulu HLA donor dengan pasien. Semakin dekat hubungan keluarga, semakin mirip HLA.

Di Jakarta ada jasa penyimpanan sel punca tali pusat berakreditasi dari Asosiasi Bank Darah Amerika. Sebelum memutuskan, tanyakan mekanisme penggunaan sel punca yang telah disimpan jika dibutuhkan, berapa biaya pengolahan agar siap dipakai, dan lembaga kesehatan mana yang melakukannya.

 



Artikel Rekomendasi