Tanya Jawab Kehamilan: Kerap Masuk Angin

 

Tanya: Ketika mengandung anak pertama, saya tidak pernah merasa masuk angin. Dan saya sekarang mengandung anak ke dua saya sering sekali masuk angin dan terasa sakit di ulu hati. Bagaimana cara mangatasinya dan apakah itu normal ?

Jawab: Ibu, setiap kehamilan belum tentu sama. Sekalipun demikian, sakit di ulu hati yang ibu rasakan kemungkinan ada hubungannya dengan bertambah besarnya kehamilan ibu.

Sayang sekali Ibu tidak menginformasikan usia kehamilan ibu. Atau sakit di ulu hati yang sering ibu rasakan seperti masuk angin itu bisa juga disebabkan karena ibu kurang istirahat dan kelelahan, karena daya tahan tubuh saat hamil dipengaruhi juga oleh faktor usia.

Perlu juga diingat apakah ibu memiliki riwayat penyakit tertentu seperti hipotensi ,hipertensi, asma atau alergi yang mungkin dapat menimbulkan gejala tersebut. Jika Ibu terlalu lelah, atau masih disibukkan mengurus si sulung, mungkin Ibu bisa menyiasatinya dengan berbagi tugas dengan orang-orang terdekat ibu. Bila rasa sakitnya terus bertambah, sebaiknya ibu konsultasi langsung ke dokter kandungan Ibu. 

dr. Ichnandy A.Rahman dari RSIA Budhi Jaya

 



Artikel Rekomendasi