Tips Memilih Tempat Bersalin

 

Di rumah sakit atau rumah bersalin, dekat rumah atau dekat kantor, pelajari dulu kondisi Anda dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Anggaran. Pilihan tentu harus sesuai dengan kondisi financial Anda. Cermati betul, berapa perincian biaya melahirkan di sana. Komponen biaya itu meliputi:
  • Biaya melahirkan.
  • Kamar (fasilitas rawat inap).
  • Kemungkinan tindakan pembedahan (operasi Caesar).
Fasilitas
  • Tenaga ahli. Cermati jumlah dokter kandungan yang siap siaga, jumlah bidan, anestesi, dan jumlah dokter anaknya. Apakah dokter yang menangani Anda selam a kehamilan juga praktik di tempat tersebut? Apakah dalam keadaan mendesak para dokter tersebut bersedia dihubungi dan datang? Apakah bila terjadi kondisi darurat sementara dokter utama tidak ada di tempat, rumah sakit menyediakan fasilitas dokter kedu ayang diap membantu memecahkan masalah sekaligus mengambil keputusan terbaik bagi pasien.
  • Jumlah kamar, luas, fasilitas dan suasana kamar.
  • Fasilitasi rooming-in. Pilih fasilitas ini, karena banyak sekali manfaatnya bagi Anda, antara lain kemudahan Anda memberi ASI pad abayi, dan terjalinnya sedini mungkin ikatan batin antara Anda dan buah hati.
  • Fasilitas konsultasi laktasi.
     
Antisipasi keadaan darurat. Lakukan pengecekan pada tersedianya: ambulan, ruang opreasi, Intensive Care Unit (ICU), Neonatal ntensive Care Unit (NICU).

Suasana. Kebersihan secara keseluruhan. Suasana lingkungan dengan memperhatikan jumlah dan keadaan kamar yang tersedia. Apakah suasananya terasa padat, hiruk-pikuk dan berisik, ataukan terasa tenang, nyaman dan bersuasana rumah. Ibu yang baru saja melahirkan, umumnya perlu waktu untuk istirahat di samping penyesuaian dengan kondisi barunya.

Jarak. Pertimbangkan, berapa jarak antara tempat bersalin dengan rumah atau kantor Anda, termasuk perkiraan lama perjalanan di saat jam sibuk. Ini untuk mengantisipasi, kalau-kalau bayi mendesak ingin lahir di luar perkiraan waktu.
 

 



Artikel Rekomendasi