Atasi Stres di Kantor Agar ASI Lancar

 

Banyak hal bisa mencetus stres di tempat kerja, kolega yang tidak kooperatif, bos atau klien penuntut, target kerja yang tidak bisa ditawar (misalnya profesi marketing), tingkat kesulitan kerja yang tinggi (misal, kreatif iklan) atau sekedar ruangan kerja tidak sehat sehingga Anda kena office building syndrome.

Selagi tidak menyusui, rasanya semua bisa diatasi dengan gagah berani. Tetapi sambil menyusui, ditambah hormon-hormon yang belum pulih benar, jangan-jangan mempengaruhi produksi ASI. Untuk itulah butuh trik agar produksi ASI tidak terganggu. 

Cara Mengatasi.
  • Saatnya menjadi “badak”, maksudnya, pertinggi ambang stres dan jangan terlalu melibatkan emosi dalam pekerjaan karena Anda tengah memiliki goal yang harus diselesaikan dalam 3 bulan. Jangan sensitif menanggapi omongan atau sikap orang lain, fokus bekerja dan menyusui.  
  • Tetap sibuk agar positive thinking dan tidak sempat mendengarkan gosip – khususnya gosip tentang Anda.
  • Disiplin waktu agar pekerjaan tidak bertumpuk dan bikin stres; datang dan pulang kerja on time (senyum bila disindir karena yang lain lembur), makan siang cepat, dan memerah tepat waktu. Namun, pastikan tetap membina hubungan baik dengan kolega dan klien.
  • Supaya kantor lebih fresh (dan Anda tidak cepat suntuk), taruh tanaman atau ikan hias di meja, aromaterapi, camilan sehat dan multivitamin, juga...foto bayi Andal!
  

 



Artikel Rekomendasi