Menyusui Didera Sakit Kepala

 

Secara fisiologis, menyusui tidak menimbulkan efek samping sakit kepala. Namun, ahli laktasi membenarkan adanya lactation headache atau sakit kepala yang dipicu oleh fluktuasi hormon oksitosin dalam proses menyusui. "Kasusnya jarang terjadi," sebut Dr. Ruth Lawrence dalam buku "A Guide for the Medical Profession".

lactation headache. Lawrence menulis, lactation headache adalah sakit kepala yang timbul bersamaan dengan dilepasnya hormon oksitosin oleh tubuh, saat Anda menyusui. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk memicu kontraksi saluran-saluran ASI di payudara –agar ASI mengalir keluar. Namun, tatkala kadar hormon oksitosin –yang awalnya dilepas dalam jumlah besar– berangsur-angsur menipis,  sakit kepala bisa timbul  sebagai efek samping.  

Hormon oksitosin. Sakit kepala yang disebabkan hormon oksitosin, lanjut Lawrence, tidak berbahaya. Kejadiannya mirip sakit kepala yang dirasakan tatkala hormon oksitosin dilepaskan tubuh saat orgasme, atau dalam kontraksi persalinan. Penyebab lain sakit kepala saat menyusui yang lebih sering, menurut konsultan laktasi dr. Eveline Panjaitan SpA, MARS, adalah beberapa faktor yang dapat dikoreksi oleh ibu.  

Baca juga:
Atasi Sakit Kepala Saat Menyusui

 



Artikel Rekomendasi