Satu Jam Pertama Kelahiran

 

Selesai semua pemeriksaan paska kelahirannya, sesegera mungkin bayi akan diberikan pada Anda untuk disusui. Paling baik dalam waktu kurang dari 30 menit pertama. Mengapa begitu?

Selain refleks hisap bayi paling kuat pada waktu tersebut, manfaatnya banyak sekali. Bukan cuma bagi bayi Anda, tapi juga Anda. Misalnya, aneka rangsangan yang diterima selama berlangsungnya kegiatan menyusui akan membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, risiko Anda mengalami perdarahan dan anemia bisa berkurang, karena hormon oksitosin yang keluar selama menyusui akan merangsang rahim berkontraksi dan kembali lebih cepat ke bentuk semula.

Kegiatan menyusui sedini mungkin ini juga berarti memberi kesempatan pada si kecil untuk menerima kolostrum (ASI yang keluar sejak hari ke-1 sampai ke-14 setelah melahirkan). Selain kandungan gizinya bisa memenuhi kebutuhan bayi, cairan berwarna bening kekuningan ini mengandung zat kekebalan tubuh. Dengan begitu, bayi akan terlindung dari beberapa penyakit infeksi (terutama diare) dan memperoleh imunitas (kekebalan tubuh).

Sebagai catatan, bayi yang sehat akan terlihat sangat aktif pada 1 jam pertama kehidupannya. Ia akan terus menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Bagaimana, bayi Anda sehat khan...

 



Artikel Rekomendasi