Tanya Jawab: Keterusan Obat Pencahar

 

Tanya: Setelah melahirkan saya jadi sulit buang air besar (BAB). Untuk mengatasinya, saya sudah mencoba mengonsumsi buah dan sayur, banyak minum setiap hari, tapi tak kunjung berhasil. Akhirnya, saya harus minum obat pencahar setiap hari.  Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Kini saya khawatir karena setiap malam saya minum obat pencahar untuk melancarkan BAB. Berbahayakah? Bagaimana pengaruhnya terhadap proses menyusui?  

Jawab: Biasanya, kesulitan BAB dapat diatasi dengan banyak minum dan makan sayur serta buah-buahan. Faktor lain yang menyebabkan sulit BAB pada ibu pasca persalinan adalah, rasa takut untuk BAB karena rasa sakit di daerah perineum (antara vagina dan anus) yang mengalami jahitan.

Bila pola makan dan minum tidak membantu, biasanya diperlukan obat pencahar. Obat ini tidak mempengaruhi produksi ASI maupun kondisi Anda dan bayi Anda, karena semua obat pencahar tidak diserap oleh usus. Obat pencahar hanya bekerja di usus dan isi usus.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Berhubungan Intim Paska Caesar

Waktu berhubungan intim pasca-persalinan, baik kelahiran normal maupun bedah sesar, adalah sama saja, yaitu menunggu habisnya perdarahan nifas, yang dapat berlangsung 30 hingga 40 hari. ... read more