Dana Aktivitas Luar Sekolah

 

Sekarang ini, membekali anak dengan berbagai kemampuan yang diperoleh melalui les seperti balet, musik, melukis, bahkan bahasa asing seakan sudah menjadi suatu kewajiban. Bila ternyata si anak suka, tidak apa-apa sepanjang hal ini tidak dipaksakan. Yang perlu diperhatikan lagi adalah berkaitan dengan “kekuatan” finansial orang tuanya.  Berikut kiat-kiatnya.

1.Biaya maksimal 10%. Jumlah ideal dana untuk pos les ekstrakurikuler anak adalah 10% dari gaji bulanan orang tua. Artinya, jika gaji bulanan Anda Rp. 10 juta, maka alokasi biaya les untuk anak dalam sebulan maksimal Rp. 1 juta.

2.Ikuti minat anak. Jika harus memilih, prioritaskan jenis les yang dapat memberikan tambahan ilmu di luar pelajaran di sekolah sesuai minat si kecil, misalnya les organ, balet, dan melukis.

3.Coba dulu. Tak perlu ragu untuk mengajak anak ikut trial-class sebelum membayar uang pendaftaran serta membelikan peralatan pendukung secara bertahap.

4.Honor pentas. Jika anak mendapatkan honor dari hasil pementasannya atau hadiah dari perlombaan yang diikutinya, ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian guna ditabung.


 



Artikel Rekomendasi