Lupus Bisa Diobati?

 

Lupus adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh atau antibodi. Pada Lupus, kekebalan tubuh atau antibodi yang seharusnya berfungsi menyerang sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh, malah berbalik menyerang organ dan jaringan tubuh yang sehat.

Pada tahap lanjut, Lupus menyerang organ tubuh vital seperti: mata, saraf, sendi, ginjal, hati, paru,  jantung, kulit, darah, dan juga jiwa seseorang. Serangan penyakit Lupus memang jarang mengenai seluruh organ tubuh sekaligus. Namun jika sudah terjadi komplikasi, maka bisa mengancam jiwa penderitanya.

Penyakit ini memang belum ada obatnya, namun ada tindakan-tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini semakin parah. Bagi penderita Lupus, pola hidup sehat jasmani dan rohani sangat dianjurkan untuk meredakan 'serangan' lupus. Aktivitas fisik yang cukup dan teratur, serta aktivitas sosial yang positif dapat membantu mengurangi gejala-gejalanya.

Minyak ikan. Berdasarkan penelitian terbaru di Amerika suplemen minyak ikan ternyata dapat mengurangi gejala Lupus. Selain itu, minyak ikan juga dapat memperbaiki aliran darah dan fungsi pembuluh darah pada orang yang terkena Lupus, yang diketahui dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Dalam penelitian terhadap 60 orang yang mengidap Lupus, partisipan yang mengonsumsi 3gram minyak ikan yang mengandung omega-3 setiap harinya selama 6 bulan menunjukkan perbaikan dalam gejala-gejala penyakitnya. Selain itu, partisipan yang mengonsumsi minyak ikan juga menunjukkan perbaikan dalam funsi pembuluh darahnya dan mengurangi tingkat oksidatif stress.

Oksidatif stress ini berhubungan dengan penyakit jantung. Ternyata, selain menjadi penyakit yang menyerang sistem imun tubuh, Lupus juga menjadi penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah. "Lupus memiliki dampak yang kumulatif pada pembuluh darah selama bertahun-tahun, dan ini juga perlu di tangani," kata John J. Cush, direktur rheumatologi Institut Penelitian Baylor, Dallas.

Suplemen minyak ikan dapat membantu mengatasi bahaya yang mungkin terjadi pada pembuluh darah akibat penyakit ini. Pasien Lupus perlu mengontrol tekanan darah, menghindari diet lemak tinggi dan mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3.

Dengan pola hidup sehat, komplikasi dan gejala penyakit ini dapat diminimalisir. Ayo, mulai dari sekarang!
 
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Imbauan IDAI Soal Pneumonia Misterius

Peningkatan kasus pneumonia misterius atau undiagnosed pneumonia yang disebabkan mycoplasma pneumonia di Cina penting dicermati, diwaspadai, dan ditindaklanjuti, namun tidak perlu menimbulkan kepanika... read more