Pilih, Olah dan Simpan Wortel

 

Kaya betakaroten. wortel dapat digunakan untuk menangkal kanker, mencegah katarak, atau sakit jantung. Selain itu kaya akan serat, kalium, vitamin C dan kalsium.

Memilih: Warna oranye cerah, muda, kokoh dan utuh. Makin tua warna wortel, makin tinggi betakarotennya. Tersedia varietas wortel lokal dan wortel impor. Wortel lokal berwarna oranye pucat, gurih untuk pembuatan kaldu. Wortel impor berwarna oranye cerah, cocok untuk jus atau sajian tumis. Masa panen: 3–4 bulan, tergantung varietasnya.

Menyimpan: Taruh wortel berkulit yang tidak dicuci dan tanpa daun (daun wortel akan menyerap cairan wortel sehingga mudah layu) dalam kantong plastik, simpan di kulkas, untuk masa simpan 2 minggu.

Ide sajian: Cuci bersih wortel berkulit, kupas tipis kulit arinya memakai peeler, cuci bilas untuk menghilangkan kotorannya, lalu tiriskan. Agar anak suka makan wortel, buat menjadi ‘French fries’ (diiris batang korek api besar, disalut terigu tipis/tepung panir kasar, goreng renyah) dengan saus cocol mayones dan saus tomat, dibuat cupcake wortel dengan hiasan krim keju. Jika dicincang halus bisa untuk isi nugget, bakso, atau ‘daging’ burger, dibuat pure untuk cocolan sajian goreng seperti kentang goreng. (me)

Baca juga:
Wortel, Si Jingga yang Sarat Vitamin
Wortel Buat Mata Sehat



 



Artikel Rekomendasi