Infeksi Saluran Rahim (Adnesitis)

 


T: Saya baru saja menikah 3 bulan yang lalu. Beberapa bulan lalu saya mengalami rasa sakit di perut bagian bawah, hampir mendekati vagina. Setelah konsultasi ke dokter, saya menderita infeksi saluran rahim atau adnesitis. Saya diberi obat suntik semacam antibiotik selama 10 kali, tetapi keadaan saya sekarang tidak membaik. Apakah adnesitis itu dan benarkah apa yang saya alami merupakan ciri-ciri adnesitis? Apabila benar saya adnesitis apa penyebabnya dan dan akankah mempersulit kehamilan?
 
J: Gejala adneksitis dari yang ringan yakni ngilu di daerah panggul sampai nyeri hebat di perut bawah, disertai adanya keputihan yang berbau dan demam. Pada pemeriksaan dalam akan teraba daerah adneksa kaku dan nyeri. Penyebab adneksitis itu bisa karena infeksi vagina atau bisa infeksi yang menjalar dari proses infeksi di usus. Jika memang adneksitis yang ibu derita, bisa mengakibatkan kesulitan hamil jika setelah sembuh terdapat perlekatan di daerah bekas infeksi, yang mengakibatkan sumbatan pada saluran telur ibu.
Jika mengingat ibu masih pengantin baru, nyeri di daerah perut bawah di sekitar kandung kencing biasanya karena infeksi pada kandung kencing atau yang biasa disebut sistitis honey moon”. Hal in bisa terjadi, biasanya karena pasangan ibu kurang fore play dan arah senggama yang terlalu tegak sehingga mengenai kandung kencing ibu. Jika hal ini di perbaiki biasanya nyeri tersebut akan berkurang.
 
Dr. Agustinus Gatot, Sp.OG
RS Mitra Keluarga Bekasi


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Rahim Terbalik, Sulit Hamil?

Wanita dengan rahim terbalik tetap dapat hamil. Yang harus dipastikan sekarang, saluran telur Anda tersumbat atau tidak? Penyumbatan saluran telur dapat disebabkan beberapa faktor, di antaranya perle... read more