Tak Kunjung Hamil

 

Tanya: Tiga tahun menikah, kami belum punya anak. Saya tidak ber-KB. Haid terakhir saya dua bulan yang lalu. Itu pun hanya flek selama 2 hari. Setelah di-USG, ternyata saya belum hamil. Sebelumnya, haid saya selalu teratur. Mungkinkah saya hamil? Apa penyebab terlambat haid seperti ini?

Jawab: Keterlambatan haid selama beberapa bulan, bisa saja terjadi karena gangguan sistem hormonal yang mengatur haid. Misalnya, jika indung telur tidak menghasilkan hormon estrogen dan progesteron, maka biasanya juga terjadi gangguan pelepasan sel telur (anovulasi).

Bila indung telur tidak berfungsi optimal melepas sel telur dan memproduksi homon-hormon kesuburan (estrogen dan progesteron), maka kesuburan calon ibu terganggung. Untuk lebih memastikan diagnosa, Anda harus melakukan pemeriksaan organ dan sistem reproduksi secara menyeluruh. Di antaranya termasuk tes laboratorium lengkap, seperti pemeriksaan darah dan hormon.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Balita BAB 3 Kali Sehari, Normalkah?

Banyak anggapan jika anan BAB 3 kali sehari maka makanan yang dimakannya tidak terserap dengan baik dan menjadi penyebab dari berat badan yang sulit naik. Benarkah demikian?... read more