Tanya Jawab: Darah Haid Berwarna Gelap

 

Tanya: Saya, 28 tahun, mengalami masalah, di saat haid darah haid saya selalu berwarna hitam atau coklat, tidak merah segar. Haid pun hanya 2 hari deras, kemudian berhenti, sehingga hari ke tiga sudah bersih. Melihat warna darah haid dan waktu haid yang hanya dua hari kemudian berhenti, apakah itu normal?

Jawab:
Haid seorang wanita normal, biasanya berlangsung sekitar 3 sampai 7 hari.  Kadang-kadang memang bisa hanya 2 hari atau bisa juga hingga 10 hari.  Jumlah darah yang keluar juga bisa hanya sekitar beberapa puluh cc saja, namun bisa sampai sekitar 100 – 200 cc.

Mengenai warna darah haid, memang tidak selalu merah segar, tapi bisanya agak kecoklatan atau kehitaman.  Warna darah haid dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vaginanya.

Saat ini, haid Anda masih tergolong normal.  Bila ada keraguan, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Keram Saat Tidur

Ketika sedang tidur betis saya (hamil 5 bulan) tiba-tiba kram. Sakitnya sampai membangunkan sehingga kualitas tidur saya terganggu. Bagaimana mengatasinya?... read more