Kaya Nutrisi, Ini 4 Manfaat Ubi Ungu sebagai MPASI

 

Foto ilustrasi (Freepik)


Jika Bunda sedang mencari ide untuk MPASI, ubi ungu bisa Anda pertimbangkan. Ubi ungu dikenal sebagai superfood karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Di dalam ubi ungu terdapat serat, pati, vitamin, anthocyanin, glikoprotein, karoten dan unsur nutrisi lainnya yang baik untuk bayi.

Selain itu, ubi ungu juga mempunyai sifat antioksidan, anti-tumor, meningkatkan daya ingat, mencegah hipertensi, memperbaiki otot jantung, menghilangkan disfungsi hati dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, sebagai MPASI bayi, porsi ubi ungu yang Anda berikan jangan kebanyakan, karena dapat menyebabkan perut kembung. 

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan ubi ungu untuk bayi. 

Anti-kanker
Ubi ungu kaya akan selenium, unsur kecil yang mudah diserap bayi. Tebak apa? Selenium dapat secara efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah terjadinya kanker, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mata bayi.

Mengatasi sembelit
Ubi ungu kaya akan selulosa dan dapat mempromosikan peristaltik usus, dengan membersihkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Bayi yang mengonsumsi ubi ungu dapat secara efektif terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

Meningkatkan imunitas
Ubi jalar ungu kaya akan unsur mineral yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Kesehatan mata
Antosianin berkontribusi pada sintesis dan regenerasi retina dan retinoid.  Ini banyak ditemukan di ubi ungu, sehingga bermanfaat bagi perkembangan mata bayi yang sehat.

Umur berapa bayi boleh mengonsumsi ubi ungu? Secara umum MPASI dengan ubi ungu boleh diberikan untuk bayi minimal di usia 6 hingga 7 bulan.

Cara penyajiannya adalah dengan dihaluskan atau dibuat puree. Anda dapat mengukus ubi ungu terlebih dahulu, kemudian tambahkan susu atau ASI. 

ALI

 



Artikel Rekomendasi