Waspadai Jika Bayi Tidak Ada 15 Refleks Ini

 

Pixabay


7. Refleks Bernapas (Breathing Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-dewasa.
Penyebab: Si kecil berusaha bernapas. Jika wajahnya tertutup, ia akan berusaha menggerakkan tubuh dan kepalanya, dan bernapas.
Waspada jika: Napasnya berat dan berbunyi. Segera periksakan ke dokter. Mungkin hidungnya tersumbat atau napasnya terganggu.

8. Refleks Berkedip (Eyeblink Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-dewasa.
Penyebab: Diberi sinar atau embusan. Refleks ini berfungsi melindungi mata. Bayi akan mengedip atau menutup matanya saat menerima rangsangan, seperti cahaya, embusan angin atau benda asing lain di area mata.
Waspada jika: Anak tidak berkedip dalam jangka waktu yang lama. Biasanya bayi mulai aktif berkedip di usia 2-3 bulan.

9. Reflek Pupil (Puppilary Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-dewasa.
Penyebab: Kondisi sekitar yang terlalu gelap atau terang. Bayi dapat menyesuaikan penglihatannya di segala kondisi. Saat kondisi terang, pupilnya akan mengecil, dan saat gelap pupilnya akan membesar.
Waspada jika: Si kecil tidak menutup mata atau berkedip ketika terkena paparan cahaya. Lakukan pemeriksaan secepatnya.

10. Refleks Gallant (Gallant Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-6 bulan. Biasanya pada usia 2-3 bulan sudah hilang.
Penyebab: Mengusap punggung bayi. Coba usap salah satu sisi punggungnya, dan buat gerakan memanjang dari bahu hingga bokong. Dengan itu, tubuhnya akan melengkung ke sisi yang diusap.  
Waspada jika: Refleks ini menetap hingga lewat 6 bulan. Periksakan kondisi si kecil ke dokter anak.

11.  Refleks Labirin (Tonic Labyrinthine Reflex)
Terjadi mulai: Di kandungan hingga usia 6 bulan.
Penyebab: Mengangkat atau menggendong bayi dalam posisi terlentang. Coba gendong bayi Anda dalam posisi terlentang, bayi akan mengangkat kepala serta tungkai tangan dan kakinya. Meski begitu, tungkai yang diangkat hanya bertahan sesaat, kemudian jatuh mengikuti gravitasi Bumi.
Waspada jika: Refleks ini tidak muncul di awal 6 bulan pertama kehidupannya, kemungkinan bayi mengalami keterlambatan perkembangan.
 
12. Refleks Merangkak (Crawling Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-4 bulan.
Penyebab: Menelungkupkan bayi dan membentuk posisi merangkak. Contohnya, saat inisiasi menyusui dini. Bayi yang diletakkan di dada akan merangkak untuk mencari puting. Kondisi ini akan hilang setelah beberapa bulan, dan muncul kembali saat si kecil sudah siap belajar merangkak.
Waspada jika: Ia tidak bergerak saat diletakkan dalam posisi menelungkup. Konsultasikan dengan dokter Anda.

13. Refleks Berjalan dan Melangkah (Stepping Reflex)
Terjadi pada: Usia 0-4 bulan.
Penyebab: Mengangkat tubuh bayi dan mendirikannya di atas bidang datar. Bayi akan melakukan gerakan seperti melangkah dengan mengangkat kakinya bergantian ketika didirikan di lantai.  
Waspada jika: Tidak ada refleks saat bayi didirikan. Kemungkinan terdapat kelainan motorik kasar, cedera saraf perifer (semua saraf selain otak dan saraf tulang belakang) atau retak di tulang paha atau tulang betis.

14. Refleks Menguap (Yawning Reflex)
Terjadi mulai: Usia 0-dewasa.
Penyebab: Bayi mengantuk dan membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak. Jika si kecil mengantuk atau lelah dan ia menguap itu adalah hal yang normal.  
Waspada jika: Si kecil ia menguap berlebihan, alihkan perhatiannya.

15. Refleks Berenang (Swimming Reflex)
Terjadi mulai: Usia 1-7 bulan.
Penyebab: Bayi berada di media yang berisi air. Sewaktu bayi ditelungkupkan di kolam berisi air, dia akan bergerak seperti berenang, tangan mengayuh dan kaki menendang.
Waspada jika: Ia tidak bereaksi ketika diletakkan di dalam air. Hal ini menunjukkan ada gangguan pada motorik kasarnya. Refleks ini muncul terlambat pada bayi prematur.

(KAT/DES/IS)

Baca Juga:

5 Kebiasaan Tidur Bayi
10 Tanda Bayi Terstimulasi Berlebih
10 Hal yang Dipercaya Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pemeriksaan bayi baru lahir

Setelah melalu proses persalinan, tim dokter akan memeriksa organ tubuh bayi Anda untuk memastikan organnya bekerja dan berfungsi baik. Apa saja? ... read more

post4

6 Refleks Wajib Dimiliki Bayi

Walau baru lahir, gerakan bayi sudah sangat aktif yang didominasi gerakan refleks. Anda bisa mencermati 6 gerakan refleks yang harus dimiliki bayi baru lahir. ... read more