Mengajak Bayi Jalan-Jalan Ke Mal

 

Mengajak bayi jalan-jalan ke mal, bisa menjadi rekreasi yang mudah, nyaman dan menyenangkan. Selain itu, bisa untuk melatih kepekaan motorik halusnya.
Sebelum berangkat, lakukan persiapan terlebih dahulu, agar acara jalan-jalan berjalan lancar. Apa saja?

Yang harus ada di tas bayi:
  • Makanan dan minuman bayi. Waktu jalan-jalan yang lumayan lama, bisa menyita jadwal makan bayi. Jangan sampai dia jadi kelaparan, bawakan bekal secukupnya. Bisa camilan, susu, jus, dan lainnya.  
  • Baju dan celana bersih. Tentu saja untuk mengganti pakaian bayi yang kotor terkena makanan/minuman/susu, ngompol, pup, atau basah karena keringat. Bawa beberapa.
  • Topi, jaket dan kaos kaki. Bisa dipakai sebagai pelindung kepala dan penghangat tubuh.
  • Tisu. Siapkan tisu kering dan basah untuk mengelap tangan dan mulut bayi maupun untuk membersihkan sehabis pipis maupun pup.
  • Sapu tangan/handuk kering. Bisa untuk membersihkan tubuh balita.
  • Diapers/pampers. Penting dibawa, jika bayi pipis maupun pup.
  • Tempat kotoran. Bisa kantung plastik atau tas khusus. Berguna untuk membungkus baju atau celana kotor, botol yang bocor maupun peralatan bekas makan, dan sebagainya.
  • Alas Pelindung/Perlak. Gunakan yang tahan air berukuran sedang, sebagai alas saat Anda mengganti popok/diapers bayi.
  • Perlengkapan bayi: minyak telon;handy clean;bedak;hand body;cologne.
Bawa alat gendong atau kereta dorong. Alat Gendong bisa berupa kain panjang (jarit) atau yang siap pakai (sling). Sehingga tangan Anda bisa digunakan untuk keperluan lain seperti membawa tas dan sebagainya. Jika ingin membawa kereta dorong, bawa yang bisa dilipat dan ringan. Ini akan memudahkan Anda saat berjalan-jalan. Bayi pun akan lebih luas pandangannya.
 
Pilih waktu yang tepat. Pilihlah waktu jalan-jalan, yang tidak mengganggu jadwal tidur bayi. Selain membuat bayi Anda tidak nyaman tidur dalam keramaian, Anda pun akan kewalahan untuk menggendongnya terus. Hal ini mungkin bisa diatasi bila kita memiliki kereta dorong yang bisa menjadi tempat tidur sementara. Selain itu pastikan perut bayi tidak kosong, karena ibu keasyikan belanja.
 
Saat Belanja. Belilah kebutuhan yang penting dulu, dan jangan lupa untuk mencatatnya. Jika bayi/balita anda sudah bisa berjalan, ajari tentang berbagai macam barang serta kegunaannya. Jangan lupa untuk tetap mengawasinya agar tidak terlepas dari pandangan anda. Sebaiknya pilih troli belanja yang menyediakan tempat duduk untuk balita, agar dia tetap bisa menikmati jalan-jalan meski sudah lelah berkeliling. Selalu check kondisi bajunya, jika sudah basah oleh keringat, segera ganti dengan yang baru, agar tidak masuk angin, jangan lupa olesi minyak telon.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

Pola tidur bayi baru lahir kadang-kadang memang agak aneh. Bayi bisa tidur seharian di siang hari dan bolak-balik bangun di malam hari. Atau, siang malam maunya tidur terus, hanya benar-benar bangun s... read more