Sebesar Apa Janin Anda?

 

Setiap hari, janin di dalam perut ibu hamil terus bertambah besar dan panjang. Sekarang sudah menjejak di minggu ke 23. Sebesar apa kamu, Nak?

Ukuran setiap janin di dalam perut ibu hamil memang tidak bisa sama antara janin yang satu dengan yang lain. Banyak kondisi yang mempengaruhi panjang dan bobot janin. Seperti faktor keturunan, asupan gizi, kesehatan sang ibu dan lainnya.

Namun, sebagai ancar-ancar, di minggu ke 23 kehamilan, ukuran janin sudah mencapai 22 cm. Bobotnya mencapai 550-650 gram. Jika janin Anda berbeda sedikit dari ukuran tersebut, tak usah kuatir. Yang penting dokter menyatakan normal. Dokter bisa memperkirakan ukuran janin ini dengan pemeriksaan USG.

Bagi ibu, tinggi rahimnya kini 25 cm. Besar rahim Anda hampir sama dengan bola sepak. Puncak rahim pada usia kehamilan ini berada di tengah-tengah antara bagian bawah tulang dada dan tali pusat. Dengan semakin melarnya perut, kulit perut pun akan tertarik sehingga kadang-kadang terasa gatal.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Hamil: Waspada Berat Badan!

Jika BB Anda kurang dari 40 kg saat dinyatakan hamil, Anda kemungkinan menderita kekurangan energi kronis (KEK) atau kekurangan gizi yang lama. Bayi yang dikandung berisiko berberat lahir rendah (BBLR... read more