Cara Terbaik Membalas Sapaan Janin di Dalam Perut

 

Fotosearch

Ketika Anda bercerita dengan janin, tiba-tiba janin merespon dengan menendang-nendang.. Seperti terjadi komunikasi dua arah, ya. Lanjutkan cerita Anda sambil mengelus perut, karena sejak usia kandungan 16 minggu, janin akan sering bereaksi terhadap sentuhan, rabaan atau tekanan pada perut bundanya. Misalnya ketika usapan Anda bergerak dari kanan ke kiri, biasanya janin akan membalas usapan Anda dengan arah tendangan atau pergerakan yang sama. Dari sini Anda bisa mengajak janin bergerak mengikuti arah usapan Anda, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara Anda dengan janin.. Pastikan berkomunikasi saat janin terjaga atau aktif, karena stimulasi tak akan bermanfaat jika janin tidur.

Aturan berbalas sapa:
-    Tekan, usap atau ketuk perut dengan kekuatan secukupnya, artinya tidak perlu sampai menyakiti perut Anda.
-    Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan respon janin.
-    Jangan sakit hati jika tidak direspon janin. Mungkin ia sedang tidur atau  asyik bermain sendiri, bukan berarti Anda dicuekin.

Caranya…
•    Ketuk perut Anda dan katakan, “Nak, bunda sayang sekali padamu. Bunda tidak sabar berjumpa denganmu. Kamu sayang bunda juga, kan? Coba tinju perut bunda. Bunda hitung ya….1, 2, 3, 4, 5…ayo tinju!”
•    Minta janin menunjukkan anggota tubuhnya seperti kaki dan tangan. “Ayo, kita tos tangan, mana tanganmu? Ayo, kita tos kaki, mana kakimu?”
•    Letakkan tangan Anda dan suami di atas perut dan katakan, “Bunda dan ayah sayang sekali padamu. Ini tangan bunda dan ayah. Coba tunjuk mana tangan ayah dan mana tangan bunda?”

(TIM AYAHBUNDA/IAH/FIN)

 



Artikel Rekomendasi