Penyebab Puting Datar

 

Puting datar atau bahkan melesek –masuk ke dalam– kerap dialami ibu yang pertama kali hamil. Kondisi ini biasanya terjadi di bulan-bulan pertama kehamilan. Tapi, dengan bertambahnya usia kehamilan dan elastisitas kulit, umumnya puting akan mencuat keluar.

Sayangnya, pada beberapa ibu keadaan puting datar ini menetap hingga masa menyusui.
Salah satu cara mengetahui puting melesek atau tidak adalah dengan memijatnya perlahan-lahan di dasar puting. Beberapa puting dapat secara mudah ditarik keluar, walau kemudian kembali masuk. Cara lainnya, mengompres puting dengan air dingin dari kulkas. Normalnya, puting akan mencuat jika kedinginan.

Ada perlekatan. Puting melesek terjadi karena pelekatan yang menyebabkan saluran susu lebih pendek dan menenggelamkan puting susu. Keadaan ini bisa karena bawaan lahir atau muncul saat pubertas.  

Tetap bisa menyusui. Walau putingnya melesek, bukan berarti ibu yang bersangkutan tidak bisa menyusui bayinya. Sebab, bayi menyusu pada areola, bukan pada puting. Yang penting, perhatikan pelekatan mulut bayi (attachment) pada payudara dan posisi saat menyusui. Dibanding ibu yang memiliki puting normal, ibu dengan puting melesek memang perlu upaya agar bayi tetap bisa menikmati ASI.

Operasi bisa dilakukan untuk mengoreksi puting melesek, yaitu dengan cara memotong belasan saluran air susu. Cara ini berarti menutup kemungkinan untuk bisa menyusui optimal. Itu sebabnya, calon ibu disarankan memeriksa puting payudaranya di awal kehamilan untuk mempersiapkan proses menyusui kelak. Dengan mengetahui kondisi puting –terutama puting melesek– sejak dini, ibu jadi punya waktu untuk melakukan koreksi, sehingga proses menyusui jadi lebih optimal. (me)

Baca juga:


 

Artikel Rekomendasi