Saluran Air Mata Bayi Tersumbat

 

Sekitar 5% bayi lahir dengan saluran air mata yang tersumbat. Mata bayi tampak selalu berkaca-kaca. Masalah saluran air mata tersumbat ini sangat bervariasi dari yang ringan hingga sangat berat.

Beberapa tanda bayi baru lahir mengalami sumbatan pada saluran air matanya:
  • Air mata tampak selalau menggenangi permukaan matanya, meski bayi tidak menangis. Kadang-kadang disertai timbulnya kotoran mata.
  • Selama menangis, cuping hidung di bagian mata yang salurannya tersumbat tetap kering. Baisanya kalau bayi menangis, dari hidung juga keluar cairan.
  • Mata tidak berwarna merah dan tidak bengkak selama menangis.
Penyebab: Genangan air pada mata bayi baru lahir terjadi karena saluran yang menghubungkan kantung air mata ke hidung tetutup oleh membran atau selaput Hasner yang tidak membuka saat bayi lahir.

Cara menangani:
  • Penyumbatan memungkinkan terjadinya infeksi. Bila infeksi terjadi berulang maka seluruh sistem pengeluaran air mata (kantung air mata dan saluran yang menghubungkan ke hidung) akan rusaka, untuk mencegahnya, Anda sebaiknya rajin mengeringkan air mata yang tergenang pada mata bayi dengan menggunakan kain halus yang bersih.
  • Lakukan pemijatan. Cuci tangan Anda, lalu pijat-pijat kantung air mata yang terletak di ujung bagian mata dekat pangkal hidung untuk mengosongkan kantung air mata. Untuk membuka sumbatan, letakkan jari Anda di bagian pangkal hidung dan lakukan penekanan ke arah bawah sepanjang tulang hidung. Gerakan ini bertujuan memberikan tekanan hidrostatik agar membaran membuka sehingga sumbatan terbuka dan secara permanen menghilangkan gejala, lakukan hati-hati agar tidak melyukai kulit bayi yang lembut.
  • Sumbatan saluran air mata ini biasanya teratasi secara spontan tanpa bedah pad asebagian besar kasus, yaitu 50%-90% dalam 6 bulan pertama, pada bayi yang sudah berumur 6 bulan, kemungkinan penyembuhan pada umur 1 tahun sebesar 70%.
  • Sesudah umur 1 tahun, penyembuhan spontan menurun dan kemungkinan sudah terjadi kerusakan permanen pad asistem saluran air mata karena infeksi yang berulang, pada keadaan in, diperlukan penanganan bedah. (me)
Baca juga:
Gangguan Mata Bayi
Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi
Mata Bayi Baru Lahir Lengket
Infeksi Mata Bayi Baru Lahir


 



Artikel Rekomendasi