Ibu Hamil, Tertawalah!

 

Tertawa itu bak olahraga. Saat seseorang tertawa terpingkal-pingkal ia akan menggoyang-goyangkan otot-otot perut, dada dan bahu. Dengan demikian otot-otot jantung akan terlatih serta memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh ibu hamil dan tentu saja lancar pula alirannya ke janin.

Selain itu tertawa meningkatkan sel-sel T yang berfungsi melawan penyakit diproduksi oleh tubuh dan merangsang pengeluaran endorfin dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh. Zat ini akan membuat diri lebih tenang. Apa yang dikemukakan oleh dr.Kayika sama dengan yang dikemukakan oleh Dr. Lee Berk dan rekannya dr.Stanley Tan dari universitas Loma Linda di Kalifornia, Amerika Serikat yang telah meneliti efek tertawa bagi sistem imun tubuh.

Kata mereka tertawa ternyata dapat menekan tekanan darah, mengurangi stres hormon, meningkatkan otot fleksi dan meningkatkan fungsi imun dengan meningkatkan kadar sel-sel T yang berfungsi mencegah infeksi, dapat meningkatkan sel-sel B yang memproduksi antibodi serta protein Gamma-interferon yang dapat melawan penyakit.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more