Dampak Kekerasan Terhadap Anak

 

Kekerasan terhadap anak terjadi setiap 2 menit. Dari Januari hingga Agustus 2009 ini tercatat 1.891 kasus kekerasan terhadap anak, 891 kasus di antaranya terjadi di sekolah. Kasus yang tidak dilaporkan dan ditangani secara diam-diam, tidak tercatat jumlahnya.
  • Pengabaian. Orang tua yang seharusnya bertanggung jawab terhadap anak, telah gagal menyediakan kebutuhan anak secara tepat. Kebutuhan emosi seperti sentuhan, cinta dan pengasuhan, tidak terpenuhi.
  • Kekerasan fisik. Perlakukan kasar secara fisik terhadap anak, seperti mencubit, menendang, memukul atau mengguncang. Kekerasan fisik kerap kali tak ada batas jelas antara menyiksa dan mendisiplin. Fetal alcohol syndrome, atau konsumsi alkohol berlebihan saat hamil hingga mengakibatkan bayi lahir cacat, digolongkan sebagai kekerasan fisik terhadap anak.
  • Kekerasan seksual. Bisa dilakukan orang dewasa terhadap anak. Menyentuh bagian tubuh anak, anak disuruh memgang alat kelamin hingga pemaksaan hubungan seksual.
  • Kekerasan Emosi/Verbal. Kekrasan yang ditujukan untuk mengendalikan dengan cara menakut-nakuti, mengancam, menumbuhkan rasa bersalah, menghina/mencemooh, memaksa dan sebagainya.

Baca juga:

 

 



Artikel Rekomendasi