Menjaga Berat Badan saat Hamil

 

Berat badan perlu Anda jaga selama hamil agar terhindar dari obesitas atau pregobesitas. Caranya:
  • Hapus asumsi “makan untuk dua orang” karena pada kenyataannya, seseorang hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari agar bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi yang belum lahir. Ibu hamil perlu memilih makanan yang cermat agar asupan kalori ini tidak berlebihan. Konsumsi makanan padat gizi seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian. Serta makanlah dalam porsi kecil namun frekuensinya sering.
  • Pilih camilan yang tepat. Singkirkan keripik dalam kemasan atau yang mengandung banyak garam dan berkalori tinggi! Ubah haluan Anda pada camilan sehat seperti yogurt, buah-buahan segar, kacang-kacangan, buah kering, keju, dan biskuit gandum. Jangan lupa membawa kudapan sendiri saat bepergian, sehingga tidak tergoda membeli makanan yang dijual di pinggir jalan.
  • Timbang berat badan setiap minggu. Dengan mengetahui kecenderungan pertambahan berat badan yang berlebihan  secara dini, akan memudahkan Anda untuk mengontrolnya. Hal ini juga akan berguna kelak setelah persalinan untuk segera mengembalikan berat badan ke semula. 
  • Hindari makan terburu-buru, makan dengan tenang dan dikunyah dengan baik. Mengunyah makanan sebanyak 32 kali untuk membantu kerja lambung dan menstabilkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang normal akan membuat Anda merasa cepat kenyang.
  • Hindari makanan sejak 3 jam sebelum tidur, karena makanan yang dikonsumsi beberapa saat sebelum tidur akan diserap dan disimpan di lemak bagian bawah kulit, sehingga menyebabkan kegemukan.
  • Catat makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kemampuan mengontrol berat badan berkaitan dengan pengetahuan akan apa dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari. Dengan memiliki catatan kecil akan makanan yang dikonsumsi dalam seminggu terakhir misalnya, tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui penyebab kenaikan berat badan yang berlebihan.
  • Berolahraga secara rutin dan pilih olahraga yang aman bagi kehamilan, seperti jalan kaki, berenang, yoga, dan pilates. (CA/RAC)
Artikel terkait:
Obesitas saat Hamil
Risiko obesitas pada ibu
Risiko obesitas pada janin

 



Artikel Rekomendasi