Tip Menitipkan Anak Pada Kerabat

 

Untuk menyegarkan komitmen, tak ada salahnya Anda pergi liburan berdua dengan pasangan. Anda bisa menitipkan anak kepada kerabat yang tepat. Agar liburan maksimal, anak tenang dan kerabat yang dititipi senang, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.
  • Jauh-jauh hari jelaskan kepada anak, Anda berdua akan pergi beberapa hari dan tidak tidur di rumah. Selama pergi,  ia akan menginap di rumah kerabat, yang ia kenal dengan baik.  Sebelumnya,  ada baiknya  mengajak anak ke rumahnya, meski sebelumnya pernah ke sana. Ini untuk membuat anak tenang, tidak merasa ditelantarkan.
  • Pilih kerabat yang bisa Anda percaya dan dekat dengan anak. Dekat artinya, anak tidak ragu dan malu meminta sesuatu seperti makan dan minum. Anak juga tidak malu  mengungkapkan keinginannya ke kamar kecil atau keinginannya tidur.  Jika mungkin, pilih kerabat yang punya anak   supaya  putra-putri Anda ada teman bermain. Pastikan juga lingkungan rumahnya aman dan sehat.
  • Beritahu jauh hari kepada kerabat tentang rencana Anda menitipkan anak. Ini untuk memberi kesempatan padanya  bersiap-siap dan mengatur jadwal. Jangan sampai saat hari H, kerabat punya acara lain, yang tak bisa ditinggal. Juga jelaskan, apakah anak ditemani nanny atau tidak.
  • Jelaskan pada nanny aturan main menginap di rumah kerabat. Misalnya, tentang kamar yang boleh ia masuki dan tempati, ruangan yang bisa tempat main anak, dan  meminta izin jika ingin menggunakan benda-benda milik tuan rumah, seperti blender, juicer, atau  microwave
  • Siapkan  baju untuk main, piyama, kaos dan celana dalam, sepatu dan sandal. Jumlah pakaian sebaiknya diperbanyak mengantisipasi pakaian  anak tertumpah makanan, ‘kecelakaan’ di celana, atau main kotor-kotoran. Pisahkan pakaian kotor anak dari pakaian kotor tuan rumah. Minta izin jika ingin menggunakan mesin cuci.
  • Bawakan makanan atau minuman favoritnya seperti susu, biskuit, coklat dan sebagainya. Jika ada anak lain di rumah, minta anak untuk berbagi makanan itu dengannya. Juga siapkan makanan buatan Anda,  yang paling ia sukai.
  • Bawakan  mainan, buku, dan benda-benda teman tidur seperti  boneka. Juga benda-benda milik Anda  seperti bantal atau selimut,. Benda-benda itu  akan membuatnya tenang dan nyaman seperti di rumah dan dekat dengan Anda.
  • Beri  nanny dan kerabat  sejumlah uang untuk membeli kebutuhan anak sehari-hari dan mengantisipasi kebutuhan mendadak.  
  • Tinggalkan nomor telepon hotel tempat Anda menginap, di luar handphone Anda dan suami. Selain itu, tinggalkan nomor  telepon dokter langganan untuk mengantisipasi   jika tiba-tiba ia jatuh sakit.
  • Sempatkan untuk menelepon anak. Minta ia cerita hal-hal menyenangkan selama menginap di tempat kerabat. Katakan bahwa Anda menyayanginya dan janji akan menceritakan tentang tempat-tempat yang Anda kunjungi. (me)
Baca juga:
Menitipkan bayi dengan pengasuh
Penting Diajarkan pada Pengasuh

 



Artikel Rekomendasi