Ada kebiasaan di kantor yang membuat Anda nyaman, namun ternyata dapat mengganggu rekan kerja. Hilangkan!
- Menunda-nunda pekerjaan, sangat mengganggu sebab pekerjaan Anda terkait dengan pekerjaan rekan. Bila Anda terlambat, rekan ikut terlambat dan terpaksa menyelesaikannya dalam last minute.
- Ngobrol kencang di telepon. Meski maksud Anda adalah bersuara lantang, bukan teriak, tapi orang bisa terganggu. Tes suara saat menelepon untuk mengontrol suara Anda.
- Pakai parfum berlebihan. Aroma parfum yang menyengat dapat membuat rekan kerja sakit kepala.
- Bawa makanan beraroma tajam ke meja kerja, misalnya durian, bisa mengganggu mereka yang “alergi” baunya. Hati-hati juga semut!
- Mendengarkan musik dengan suara keras, bisa mengganggu bila earphone “bocor” sehingga lagu terdengar keluar, atau teman sulit berkomunikasi karena Anda “tuli”.
- Mengetuk-ngetuk meja atau lainnya, saat berpikir. Mungkin membantu Anda mengingat, tapi bisa mengganggu konsentrasi orang.
- Menekan keyboard terlalu kuat saat mengetik sehingga menimbulkan suara keras. Anda juga bisa merusak keyboard.
- Ngeprint semua dokumen. Tidak! Bayangkan pohon yang dikorbankan untuk kertas-kertas itu! Jika masih bisa dibaca dalam bentuk softcopy, jangan print. (me)
Baca juga: Hijau di KantorEtika Kirim Surat ElektronikTrik ber-social media di dunia kerja