Alasan Balita Hobi Memencet Tombol

 

Hobi baru pencet-pencet balita tidak perlu memancing rasa khawatir Anda. Tidak ada yang salah dengan tingkah laku anak usia 1-2 tahun ini. Dia tidak nakal atau tidak mendengarkan ucapan Anda. Dia hanya  sedang berada dalam prinsip gerak motor locomotion  postural dan prehension.

Gerak motor. Prinsip dari gerak motor locomotion postural adalah menggerakkan seluruh anggota tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki, sedangkan prehension adalah bergerak dengan melibatkan kemampuan tangannya untuk melakukan aktivitas yang detail. Pencet-pencet menjadi salah satu aktivitasnya. Jadi, tidak dipungkiri bila Anda melihat balita memencet tombol-tombol yang ada di hadapannya, seperti saklar lampu, televisi, remote televisi, dan keyboard komputer, notebook atau ponsel.

Rasa ingin tahu. Anak usia 1-2 tahun juga memiliki rasa ingin tahu dan keinginan untuk bereksplorasi yang besar. Apalagi ia melihat Anda atau orang di sekitarnya melakukan hal yang sama dengan tombol-tombol tersebut. Hasratnya untuk tahu dan mencari tahu tentang tombol tersebut pun semakin besar.Jadi, tak ada alasan Anda untuk melarang atau memberikan label ‘nakal’ pada balita. Anda hanya perlu melindungi balita agar aksi pencet-pencetnya tetap aman.

Baca juga:
Salurkan Hobi Balita Memencet Tombol
Mengasah Kemampuan Grafomotor Balita
Membuat Tangan Balita Terampil

 



Artikel Rekomendasi