Si 2 Tahun Bermain Imajinatif

 

Masih menyimpan baju lama Anda? Jangan dibuang! Dengan sedikit imajinasi si dua tahun bisa memanfaatkannya untuk bermain.

Banyak hal sederhana yang bisa dijadikan mainan untuk balita. Dan mainan-mainan tersebut kalau bisa tentunya tidak hanya menyenangkan bagi balita, tetapi juga bermanfaat. Dari pakaian-pakaian lama Anda, si dua tahun bisa bermain sambil belajar.

Bermain pura-pura. Pada usia dua tahun, balita memang suka bermain imajinatif. Mereka senang sekali bermain seolah-olah mereka adalah putri raja, pangeran, tentara prajurit, dan sebagainya. Bahkan si dua tahun senang sekali menirukan suara-suara binatang ketika bermain.

Tentunya permainan ini akan lebih seru buat balita apabila ia diijinkan memakai pakaian atau asesoris Anda. Rok, kemeja, kacamata, topi, kalung, bahkan sepatu tua dapat menjadi barang yang menyenangkan untuk dieksplorasi.  

Seru dan kaya manfaat. Permainan ini tak hanya membuat imajinasi balita berkembang, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Apa lagi ya manfaatnya?

  • Melatih konsentrasi.
  • Mengajarkan anak adanya aturan dalam keseharian.
  • Dasar perilaku antarteman. Anak punya kesempatan mencoba berbagai peran berbeda dan mengetahui bagaimana reaksi orang lain terhadap dirinya.
  • Mendorong kreativitas dan rasa percaya diri, karena dalam percakapan anak berlatih bagaimana bernegosiasi dengan orang lain.

Meski hanya main-main, lihat saja balita pasti melakukan dengan sungguh-sungguh seolah terjadi dalam kehidupan nyata. Dan manfaat dari permainan ini bisa langsung berdampak pada perilakunya sehari-hari di lingkungan.

Jadi, jangan heran, kalau anak lebih percaya diri saat bertemu orang lain, meski ia belum Anda kenalkan kepadanya. Anda pasti bangga punya anak yang PD!

 



Artikel Rekomendasi