Aku Mau Sekolah!

 

"Aku mau sekolah, Bunda!" Kata-kata ini mungkin cukup sering didengar dari mulut anak Anda. Namun, tidak berarti Anda harus buru-buru memasukkan buah hati Anda ke sekolah.

Sebab, kesiapan untuk bersekolah pada setiap anak berbeda-beda, tergantung tingkat perkembangan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, dan adaptasi terhadap lingkungan. Bila buah hati Anda baru berumur 2 tahun, Anda dapat memasukkan dia ke playgroup, dan bila anak berumur 3-4 tahun, Anda sudah dapat mendaftarkan dia untuk masuk prasekolah.

Anak-anak balita punya impian dan persepsi sendiri tentang sekolahnya. Bisa dari pengalamannya melihat acara di TV tentang kegiatan sekolah, atau melihat orang lain pergi ke sekolah. Tentu saja impian dan persepsi mereka tentang sekolah berbeda dengan orang dewasa.

Tak perlu kaget dengan persepsi buah hati Anda tentang sekolah yang akan dimasukinya kelak. Anda hanya perlu memberi pandangan dan penjelasan yang benar mengenai kegiatan di sekolah, khususnya dalam dunia prasekolah. Caranya, dengan mengajak dia berkunjung ke sebuah sekolah, bermain sekolah-sekolahan, membacakan cerita tentang aktivitas bersekolah, atau menceritakan tentang berbagai kegiatan yang umum dilakukan di sekolah. Dengan begitu, anak akan memiliki gambaran sekilas tentang kegiatan bersekolah.

 



Artikel Rekomendasi