Balita Mengenal Nama Hari

 

Setiap hari anak Anda tak pernah bosan bertanya, ini hari apa. Sejak masuk sekolah, setiap hari ia selalu bertanya soal hari.

Tak ada yang salah, kok. Anak-anak sampai usia tujuh tahun masih hidup dalam masa kini. Meski pemahaman tentang kemarin dan besok sudah dicapai, pemahaman yang lebih mendalam tentang waktu masih terus menerus berkembang.
 
Tumbuh lewat kesadaran. Pemahaman konsep waktu seperti hari dan tanggal, tumbuh sejalan dengan berkembangnya kesadaran (consciousness). Anak mendapat pemahaman tentang waktu secara bertahap, melalui peristiwa keseharian yang sangat sederhana. Misalnya "baju mama sekarang beda dengan yang kemarin dipakai." "Makananku siang ini lain dari yang tadi."
 
Dari perbedaan-perbedaan ini, anak belajar tentang perubahan waktu dan perubahan hari. Bahwa sebuah hari memiliki nama, anak masih jauh dari pemahaman itu.
 
Seorang peneliti menemukan bahwa intuisi anak yang paling awal tentang durasi atau jarak waktu, adalah ketika anak menginginkan sesuatu dan mendapatkannya setelah beberapa saat kemudian. Yaitu ketika anak masih bayi. Hal ini terus dialami oleh anak ketika ia tidak segera mendapat pemenuhan kebutuhannya. Jadi, menurut peneliti tersebut, penundaan sesaat terhadap tuntutan anak, justru melatih anak untuk mengenal konsep waktu. Jadi orang tua tak perlu  merasa bersalah bila harus menunda keinginan anak.
 
Di usia-usia selanjutnya, ketika anak mulai lebih besar, sejalan dengan pemahaman bahwa tidak setiap keinginan dapat dipenuhi seketika, anak mulai paham tentang "tunggu sebentar". Di usia prasekolah anak-anak belajar lebih banyak tentang konsep waktu dan mulai belajar tentang hari.
 
Kenalkan nama hari. Pemahaman anak tentang hari akan tumbuh secara perlahan. Diperlukan kesabaran, karena akan berlangsung hingga anak berusia tujuh tahun, saat ia sudah  belajar berhitung bahwa dalam satu minggu terdapat tujuh hari dengan nama yang berbeda. Pemahaman anak tentang nama hari di sekolah dibantu dengan nyanyian dan kegiatan yang berbeda setiap hari.
 
Baju-baju seragam yang dikenakan anak setiap hari selama di Taman Kanak-kanak juga membantu anak mengenali nama-nama hari. Tapi di rumah? Orang tua dapat membantu anak mengenal nama-nama hari lewat lagu yang juga diajarkan di sekolah. Selain itu juga memberinya pengertian dari hari ke hari.
 
 

 



Artikel Rekomendasi