Balita Menghargai Orang Lain

 

Sebagai siswa prasekolah tentu balita Anda yang kini berusia 5 tahun sudah membangun interaksi yang lebih kompleks dibanding di usia sebelumnya. Ketika di TK ia berhubungan dengan beberapa teman dan guru. Nilai yang penting dipahami dan dipraktikkannya adalah menghargai orang lain terutama teman-teman dan gurunya.
 
Orang lain dan diri sendiri. Sebelum menghargai orang lain, balita  harus menghargai dirinya sendiri. Namun, seorang anak tidak lahir dengan pemahaman akan potret diri (self-image). Si prasekolah memahami dirinya dari cara orang tuanya bersikap dan memperlakukannya. Dari Anda ia belajar menghargai diri sendiri dari cara Anda menghargai dirinya.

Andalah contoh balita bagaimana sikap, perilaku dan pola merupakan wujud self respect. Dari sini, ia belajar, bila ingin disenangi teman karena baik hati, ia harus berbaik hati pada temannya. Atau, ketika ia ingin guru menyayanginya, ia juga harus menyayangi dan menghormati guru.
 
Kemampuan menghargai diri dan orang lain dipelajari anak sejalan dengan waktu dan dibentuk oleh bertambahnya pengalaman anak. Tentu saja pengalaman berperan penting dalam perkembangan selanjutnya.
 
Mencakup beberapa aspek. Menghormati orang lain adalah sebuah nilai yang mencakup beberapa aspek sikap dan perilaku yaitu, toleransi, sikap dan tata krama yang baik, empati, sikap yang baik terhadap orang lain serta sikap menghargai perbedaan.
 
Secara kongkret ajarkan beberapa praktik apresiasi umum, seperti mengucapkan “terima kasih”, sikap menghormati orang tua, memberi salam ketika bertemu, berpamit ketika hendak pergi dan beberapa lagi praktik keseharian yang berkait erat dengan tata krama. Yang jelas, nilai sangat mudah diajarkan apabila disampaikan melalui contoh.
 
Respek tidak sama dengan rasa takut. Beri pemahaman bahwa dasar atau landasan rasa hormat dan penghargaan adalah kasih sayang dan kesadaran bahwa diri anak adalah bagian dari sebuah masyarakat, dalam hal ini, masyarakat sekolah.  Tak ada salahnya Anda memberi reward apabila ia terampil bersikap penuh hormat kepada orang lain.
 
Cara ini efektif di tahap awal. Apabila masih ada yang kurang, Anda boleh menegur, tetapi jangan lakukan di depan orang lain. Ajak balita berdiskusi dan dorong ia mempraktikkannya di kesempatan lain.
 
Selain contoh, langkah lain yang mendukung upaya menanamkan nilai  ini adalah berbagai media cerita dengan tema saling menghormati. Buku dengan gambar menarik membekas dalam benak si 5 tahun yang biasanya mulai dapat membaca buku sederhana.
 

 



Artikel Rekomendasi