Bermain Ular Tangga, Belajar Pahami Aturan

Balita Anda semakin senang bermain ular tangga. Semakin menantang permainannya, semakin disukainya. Bagi balita, memahami aturan  permainan tidak sulit, kerena ia terus mengulangi permainan tersebut. Lewat permainan balita juga mengenal kalah dan menang. Dan ketika  bermain ular tangga ia belajar kerjasama dan giliran. Ia mampu berimajinasi dan mengingat peraturan permainan yang diwujudkan dalam langkah-langkah permainan. Keasyikan sebuah permainan, bagi balita justru karena peraturannya. Sayangnya, buah hati Anda tak selalu siap mental menghadapi kekalahan saat bermain. Seringkali ia mencoba mengubah aturan main, begitu tahu ia hampir kalah.
 
Permainan ular tangga menekankan kompetisi, menang dan kalah. Dari permainan ini balita Anda belajar mengatasi ketegangan, akankah ia menang, atau kalah. Dari permainan ini pula balita tahu belajar memecahkan masalah, belajar bekerjasama, dan menunggu giliran.
 
Kebanyakan balita usia pra sekolah belum balajar membaca dan berhitung. Permainan ini merangsang balita belajar pramatematika, yaitu saat menghitung langkah pada permainan ular tangga., dan menghitung titik-titik yang terdapat pada dadu. Karena permainan ular tangga bermacam manfaat bagi balita, berikan kesempatan padanya untuk memainkannya, dengan:
  • Menyediakan mainan.
  • Izinkan balita mengundang teman ke rumah untuk bermain bersama.
  • Mengajarkan permainan aturan.
  • Menyiapkan mental balita agar dapat menerima kekalahan. Tekankan, yang penting bukan kalah-menang, tapi ia paham aturan mainnya dan fun bersama teman.
 
 



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89497   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30418   
>  Mengasuh Anak Autis   21632   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18308