Disiplin Terbentuk Karena Pembiasaan

 

Salah satu cara paling umum mendorong disiplin diri pada si 4 tahun adalah dengan pembiasaan. Pembiasaan tentu saja membutuhkan waktu, sehingga tak dapat diharapkan akan menghasilkan sikap disiplin sekejap pada diri anak.

Yang juga penting diingat, dibutuhkan sikap orang tua dan seisi rumah yang konsisten agar anak tidak menjadi “bingung”.  Ada beberapa hal perlu kita perhatikan sebagai orang tua.
Langkah awal, buatlah jadwal tetap yang berkaitan dengan rutinitas anak sehari-hari. Beri tugas-tugas yang paling sederhana terlebih dahulu.

Si 4 tahun, misalnya, sudah dapat diminta membereskan tempat tidur atau kamarnya setiap hari. Sejalan dengan waktu, tambahkan tugas yang berkaitan dengan rutinitas. Setelah itu Anda bisa beranjak perlahan ke hal yang lebih hakiki berkaitan dengan disiplin diri, yaitu dalam menerapkan sikap dan perilaku tertentu.

Modal utamanya tentulah role model orang tua dan seisi rumah. Jadi jika Anda menerapkan aturan bahwa anak harus secara rutin membereskan kamar, ada baiknya Anda sendiri juga menerapkannya pada diri Anda sendiri.

Jadi, jangan sampai Anda malas membereskan kamar Anda sendiri, karena hal itu akan diingat di memori anak. Jika Anda tidak membiasakan diri untuk disiplin dari hal yang kecil, bagaimana anak akan diharapkan bisa disiplin?

 



Artikel Rekomendasi