Kemampuan Balita Mengurus Dirinya Makin Pesat

 

Keterampilan yang dimiliki anak 4 tahun menolong diri sendiri berkembang dengan baik. Ia hampir sepenuhnya mandiri. Bagaimana caranya?

Bangga melihat anak 4  tahun semakin mandiri. Ia mampu melakukan berbagai hal untuk dirinya sendiri tanpa perlu lagi Anda bantu. Berkembangnya keterampilan menolong diri sendiri tak lepas dari meningkatnya keterampilan:
  • Visual-gerak. Kemampuan koordinasi penglihatan dan pemahaman, kemudian menggabungkannya untuk menyelesaikan tugas menggunakan tangan. Semua keterampilan ini perlu digabungkan untuk melengkapi tugas-tugas semacam meraih dan memegang benda, menyusun kepingan puzzle menjadi gambar utuh, dan tulisan yang bisa dibaca, setidaknya namanya sendiri.
  • Pemahaman-gerak. Kemampuan anak untuk secara visual mengenali karakteristik benda-benda di sekitarnya yaitu ukuran, bentuk, gerakan dan kecepatan.
  • Kemampuan sensori. Kemampuan yang menghasilkan gerakan yang sesuai. Yang termasuk sensori adalah perabaan (menyentuh, menekan, suhu dan rasa sakit), vestibular (didapat melalui telinga bagian dalam, membuat anak waspada terhadap posisi dan gerakan dalam suatu jarak) dan prepriosepsi (pengetahuan anak tentang posisinya pada suatu kelompok).
  • Persyarafan (status neuromuscular). Meningkatnya keterampilan ini memungkinan anak melakukan berbagai gerakan tangan.
Semua pencapaian itu terus ia asah. Sekolah berperan penting dalam hal ini. Belajar kebersihan diri seperti mencuci tangan dan mengeringkannya serta makan bersama, membantu mengasah keterampilan menolong diri sendiri.
 
Di rumah, kesempatan mengasah keterampilan ini terbuka lebar. Rutinitas merawat diri dilakukan sejak pagi hari saat anak bangun tidur: Menggosok gigi sendiri, menghabiskan sarapan, mengenakan baju sekolahnya, mengenakan kaos kaki, memakai sepatu, memasukkan bekal makanan ke dalam tas, dan seterusnya.

Sepulang sekolah, melepas baju sekolah, melepas kaos kaki dan sepatu serta meletakkan benda-benda pada tempatnya. Setelah itu makan, bermain dan membereskan mainan sendiri.

Bila anak 4  tahun menguasai keterampilan itu dengan baik, ia membangun rasa percaya diri. Ia merasa dapat meringankan tugas orang tuanya, merasa berdaya dan tidak tergantung orang lain dalam memenuhi kebutuhannya.

Memberi tanggung jawab pada si 4 tahun, merupakan tema pengasuhan usia ini. Orang tua mestilah menyadari betul  bahwa anak bukan bayi lagi yang butuh bantuan seratus persen. Sebaliknya, selain menolong diri sendiri, si 4 tahun dapat diberi tanggung jawab lain, semisal menyiram tanaman setiap sore. Atau, dua kali seminggu membersihkan tempat mencuci tangan.  Tidak sulit khan bagi anak Anda?

 



Artikel Rekomendasi