Mengajak Anak Menyusuri Jalan

 

Mengajak anak menyusuri jalan raya bisa jadi merupakan pengalaman yang akan memberikan banyak sekali data; baru tentang aturan main di luar rumah. Termasuk, berbagai bahaya yang mengintainya.

Selain itu, bila Anda cukup piawai menjaga keamanan selama anak menikmati pengalaman jalan-jalannya, acara ini bisa menjadi ajang untuk menanamkan kemandirian. Misalnya saja, dengan memberi kesempatan kepadanya untuk menentukan arah mana yang akan dituju, atau dengan mengajaknya belajar menyeberang jalan.

Yang dapat Anda lakukan: Gandeng tangan si kecil selama acara jalan-jalan ini berlangsung.
  • Posisi anak berada pada sisi aman, yakni di sisi sebelah dalam dari trotoar, sementara Anda berada di sisi sebelah luar. Lebih baik lagi, Anda dan anak berjalan berlawanan dengan arah mobil datang.
  • Bila anak sudah cukup besar (berumur 4-5 tahun), berilah kesempatan padanya untuk berjalan sendiri (tanpa Anda gandeng). Tetapi, pastikan dia selalu berjalan tepat di sebelah Anda.
  • Tanamkan pengertian kepada anak untuk tidak bermain di tepi atau di dekat jalan raya yang ramai.
  • Berilah contoh cara menyeberang jalan yang baik dan benar, sesuai peraturan yang berlaku. Termasuk, bagaimana menggunakan tombol lampu untuk memberi tanda bahwa Anda akan menyeberang.
  • Berilah penjelasan kepada anak tentang arti warna lampu lalu lintas. Jelaskan kepadanya, dia baru boleh menyeberang jalan kalau lampu lalu lintas berwarna merah, dan lampu untuk penyeberang jalan berwarna hijau.
     

 



Artikel Rekomendasi