Si 1 Tahun: Ingin Menguasai Permainan

 

Di usia 1 tahun kegiatan bermain bersama masih merupakan kegiatan yang dilakukan secara parallel. Artinya, saat bermain bersama teman seusia sebenarnya ia tidak terlibat permainan, tetapi ia bermain sendiri. Namun di usia 2 tahun, si kecil mulai bermain secara sosial. Sekalipun demikian, ia juga masih bingung mengendalikan dirinya antara lain untuk bermain bergiliran, berbagi dan terlibat dalam kegiatan bersama teman seusia.
 
Banyak latihan, makin trampil. Bagi si 2 tahun, bermain bersama teman tentu sesuatu yang menyenangkan. Meskipun begitu, karena masih belum mahir berkomunikasi dan bertukar pikiran  secara verbal serta sedang belajar berbagi dan bergiliran, maka si 2 tahun kerap kali ingin mendominasi permainan. Di usia 2 tahun, berdasarkan perkembangan ketrampilan bermain, si kecil sedang beralih dari bermain secara individual menjadi lebih sosial.
 
Frekuensi kegiatan bermain bersama teman memang menjadi salah satu factor yang menentukan kemahiran anak bermain sosial (social play). Tetapi tanpa pengarahan orang tua, tentu si batita tetap saja bingung dan tak mudah berbaur dalam permainan bersama teman seusianya.
 
Untuk tahap awal, sebaiknya Anda melakukan beberapa kali ‘latihan’. Misalnya, dengan mengajak anak teman Anda atau tetangga bermain ke rumah atau apartemen Anda untuk play date. Anda juga bisa mengajak si kecil bermain ke klub batita yang memberikan kesempatan si kecil bermain bersama teman-teman seusia. Tentu pembiasaan membawa banyak manfaat bagi proses belajar bermain sosial bagi si 2 tahun.
 
Bermain bersama = belajar sosialisasi. Mengapa bermain bersama teman seusia penting bagi si kecil? Selain untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi dan mengembangkan kecerdasan emosi, kegiatan ini juga mendorong rasa percaya diri anak. Beragam ketrampilan dan kecakapan yang “dipelajarinya” dari teman bermain tentu juga membawa banyak manfaat.
Hanya saja, tak jarang dalam kegiatan bermain, banyak hal yang tak terduga bisa terjadi. Tak jarang juga suasana kemudian tak terkendali sehingga si kecil dan temannya kemudian bertengkar karena berebut Ada banyak jenis permainan yang bisa dipilih ketika mengajak si kecil dan temannya bermain bersama.

 

 



Artikel Rekomendasi