Si 4 Tahun: Asyik Bicara Sendiri

 

Anak-anak 4 tahun sangat suka bicara sendiri. Ketika sedang main dengan bonekanya, ketika sedang makan atau melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini dilakukannya dengan sadar dan sebenarnya merupakan “panggilan” (baca: kebutuhan) dirinya sendiri untuk mengeksplorasi ketrampilan bicara, imajinasi, dan struktur bertutur serta bercerita.
 
Pentingnya monolog. Mengapa monolog atau bicara sendiri itu penting untuk perkembangan bahasa dan kognitif si 4 tahun? Bagi si 4 tahun yang secara umum sudah menguasai dan aktif menggunakan 1000 kosa kata dalam kesehariannya, berbicara sendiri adalah cara yang baik untuk “mengulang” kata-kata yang selama ini telah didengarnya tapi jarang ia gunakan dalam percakapan sehari-hari dengan orang lain. Ini juga kesempatan buat si 4 tahun untuk belajar melafalkan sendiri kata-kata yang baru dipelajarinya.

Respons timbal-balik memang penting bagi anak-anak, tapi tak jarang mereka juga butuh mendengar “gema” percakapan dirinya sendiri. Misalnya, sambil bercermin. Dari situ ia bisa mengukur sejauhmana dirinya mahir melafalkan kosa kata baru. Ia juga belajar mengucapkan kata dan kalimat dengan intonasi dan ekspresi tertentu.
 
Di waktu yang sama, terjadi perkembangan imajinasi yang luar biasa pada si prasekolah. Bicara sendiri saat bermain pura-pura untuk mengembangkan daya khayal tentu sangat berguna. Sampai batas tertentu ini adalah sesuatu yang normal. Tapi ketika anak menolak (atau memilih tidak) bicara dengan orang lain dan lebih memilih menarik diri sendiri bicara sendiri, tentu Anda perlu memberi arahan pada anak atau kalau sudah mengganggu, konsultasikan dengan ahli.
 
Eksperimen = latihan
Fasilitasi kebutuhan anak dengan memberinya:

• Ruang pribadi: Beri si prasekolah kesempatan untuk mengeksplorasi ketrampilan bicara dan mengasah perkembangan bahasanya. Ketika Anda mendapati dirinya sedang bicara sendiri saat bermain pura-pura, tak perlu diganggu.

• Mainan yang mendukung: selain boneka, bisa juga Anda sediakan mainan konstruksi, telepon atau tape recorder mainan yang kini banyak dijual di toko mainan. Alat perekam yang biasanya berfungsi juga sebagai karaoke mainan ini bisa dimainkan oleh si batita, tapi manfaat maksimal bisa diperoleh si prasekolah. 

• Alat gambar dan tulis: berguna untuk mengarahkan agar si kecil bereksperimen selain secara verbal juga secara grafis atau tertulis. Melalui kegiatan menggambar si prasekolah akan menemukan, dunia imajinasinya bisa diungkapkan secara lebih kaya dan ekspresif.

• Kesempatan bermain sosial: berguna untuk memberi si kecil wawasan tentang pentingnya bersosialisasi. Di samping, peergroup adalah hal penting untuk perkembangan aspek sosial emosi, berbicara dan berlatih dengan teman sebaya juga bisa dijadikan pilihan bagi si prasekolah unuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan berbicara.

 

 



Artikel Rekomendasi