Bolehkah Susu Formula Lebih dari 1 Merek?

 

Tanya: Adakah efek sampingnya bila saya memberi lebih dari satu merek susu formula pada anak saya yang kini 2 tahun? Sejak dua bulan lalu saya memberinya berbagai merek susu formula, karena saya pikir kita pun bosan bila makan itu-itu saja. Selama ini tidak ada masalah, misalnya diare.  

Jawab: pada anak yang telah berusia satu tahun, pemenuhan utama kebutuhan nutrisi sehari-hari adalah melalui makanan. Artinya, ASI atau susu formula hanya merupakan sumber nutrisi tambahan, terutama sebagai sumber kalsium yang baik dan praktis bagi tubuh. Itu pun pada anak balita hanya diperlukan sekitar 500-600 ml untuk memenuhi kebutuhan kalsium per harinya.

Selain itu, pilihan Ibu untuk memberi susu pada anak usia ini juga lebih banyak. Ibu boleh saja memberikan susu segar (whole milk yang dapat berasal dari sapi, domba, kambing, dan lain-lain), susu yang dipasteurisasi, maupun susu formula (dalam bentuk bubuk).

Mengenai pergantian merek atau nama dagang, tidak masalah karena biasanya tergantung keinginan si anak yang berkenaan dengan rasa, aroma dan lain-lain. Perlu Ibu ketahui, semua produsen susu formula di dunia wajib mengikuti aturan standar internasional (Codex Alimentarius) mengenai jumlah, komposisi, proses produksinya hingga pelabelan produk, sehingga dapat terjamin keamanannya.

dr.Titis Prawitasari, SpA


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more