Tanya Jawab: Main Keyboard Komputer

 

Tanya:
Anak kami, 2 tahun 8 bulan, saat ini sudah bisa mengoperasikan komputer (game dan MS Word) serta hafal semua huruf dan angka sampai 10.  Kadang kami khawatir tidak bisa mengimbangi kecepatan perkembangannya. Kami juga takut ada titik jenuh pada anak kami.
Apa yang harus kami lakukan agar dia berkembang lebih baik?

Jawab:
Selamat pada bapak dan ibu, sebab hanya sedikit anak yang telah mengenal huruf dan angka ketika berusia 2 tahun. Namun, apakah anak memang tertarik pada keyboard komputer tersebut atau orang tua yang mengajarkan pada anak. Ada baiknya Anda mencari tahu minat anak lebih lanjut, dengan melihat apa benda yang paling sering dimainkan atau jika ia bermain pura-pura seperti apa.

Jika orang tua dapat mengidentifikasi minat anak, diharapkan dapat memfasilitasi minat tersebut, sehinggga potensi anak dapat dikembangkan dengan baik. Cara yang tepat akan mempermudah anak untuk menerima hal-hal atau pengetahuan baru. 

Jika orang tua mengalami kesulitan mengidentifikasi minat anak, bisa minta bantuan psikolog untuk mencari tahu minat anak, dan alternatif mengembangkan potensi tersebut. Sebaiknya, bina komunikasi yang baik dengan anak. Perkenalkan ia pada berbagai hal baru agar punya alternatif lebih luas.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more