Main Sambil Belajar di Bank

 

Ada aktivitas seru yang bisa menambah pengetahuan balita saat Anda mengajaknya ke bank. Dijamin, bebas bosan!

Bung Bing Bang ... kita ke bank! Dalam suasana bermain, terangkan soal bank dan apa yang bisa dilakukan di bank, seperti menabung, mengambil uang dan menukarnya. Gunakan brosur sebagai alat bantu. Minta anak berimajinasi menceritakan tokoh atau karakter yang menjadi maskot bank.
Manfaatnya, menambah pengetahuan, melatih keterampilan bercerita.

Cring! Cring! Kenalkan jenis uang dengan menunjukkan contohnya. Mainkan permainan lempar koin untuk sensasi bunyi dan mengamati gambar di permukaan uang logam. Ajak anak membedakan warna dan menghitung uang kertas.
Manfaatnya, mengenalkan bentuk dan fungsi uang, melatih motorik halus.

Apa Kerjanya? Ajak anak bermain tebak profesi. Cari petugas sekuriti, lalu biarkan balita menebak "Siapa bapak berbaju putih itu? Apa kerjanya?" atau arahkan pandangan balita pada jajaran teller, lalu tanyakan "Siapa tante yang berdiri di balik meja? Apa kerjanya?" sambil mengajak balita berkenalan dan menyapa.
Manfaatnya, melatih anak bersosialisasi, mengenalkan profesi.

Coba ATM. Saat bertransaksi di ATM, biarkan anak memencet tombol -bantu dengan menunjuk tombol yang harus dia tekan-, mengambil uang, kertas slip dan kartu. Kenalkan warna uang pada pecahan Rp.50.000 dan Rp.100.000.
Manfaatnya, memperkenalkan fungsi dan cara kerja ATM, melatih motorik halus, mengikuti instruksi sederhana.

Suara Mesin Hitung. Tunjukkan mesin hitung uang. Minta anak menirukan bunyinya.
Manfaatnya, mengenalkan peralatan bank, belajar meniru bunyi.     

     

 



Artikel Rekomendasi