Tips Cegah Gangguan Pendengaran Balita

 

Jangan remehkan suara bising yang terpaksa di dengar balita Anda. Jika melebihi 80-85 desibel (dB)/24 jam, telinga balita bisa menimbulkan gangguan pendengaran yang menetap. Berikut yang perlu diperhatikan agar anak terhindar dari gangguan pendengaran
  • George J. Hollich, Ph.D. dari Departement of Psychological Sciences, Purdue University, Indiana, AS, suara TV dengan volume sama dengan suara orang bicara, yang terus menerus didengar oleh bayi umur 6 bulan, dapat mengganggu perkembangan bicaranya.
  • dr. Walter E. Nance, Ph.D. ahli genetika klinik dari Medical College of Virginia,  AS, tes pendengaran pada bayi dan anak balita dapat mendeteksi gangguan pendengaran sejak dini, sehingga keterlambatan perkembangan pendengaran dan bicara mereka dapat dicegah sebesar 40%.
  • Judith E. Lieu, M.D. spesialis THT anak dari Washington University, AS, satu dari 20 anak balita memiliki kemungkinan kehilangan kemampuan mendengar pada salah satu telinganya. Ini mengakibatkan gangguan pada kemampuan anak berkomunikasi secara verbal. 

 



Artikel Rekomendasi