Belajar Baca Dengan Meniru

 

Tanpa Anda sadari, anak memperhatikan dan mengingat dengan baik isi buku cerita yang Anda bacakan. Dari proses mengamati, anak Anda mencoba meniru apa yang biasa Anda lakukan.

Meniru merupakan bagian dari proses kemandirian anak. Ia mencoba mempraktekkan bagaimana Anda membaca dan mengucapkan kalimat-kalimat dari buku cerita tersebut. Ia ingat persis, sehingga begitu melihat buku cerita favoritnya, ia buka halaman demi halaman dan meniru gaya Anda saat membaca buku itu.

Jadi jangan kaget dan menduga si dua tahun sudah pandai membaca. Sesungguhnya ia meniru apa yang biasa Anda ucapkan saat membuka halaman buku cerita. Dengan begitu, sekilas si dua tahun terlihat asyik membaca bukunya.

Bila ini terjadi, hindari bergegas mengambil alih buku dan membacakan untuk anak. Lebih baik puji anak, "Wah, Adik semakin pandai ya. Adik sedang membaca buku ya."

Tak ada salahnya Anda mendengarkan anak Anda "membaca" dan bercerita menurut gaya dan versinya. Tak usah repot memperbaiki atau mengoreksi cerita yang ia "baca". Yang penting, Anda memberinya perhatian dan mendukung minatnya membaca. Apa yang Anda lakukan ini mendukung proses tumbuh-kembang anak.

 



Artikel Rekomendasi