Hamil Dengan Sindroma ACA

 

Biru-biru di kulit, cepat lelah, sering sakit kepala dan tekanan darah tinggi? Bisa jadi karena si ACA  atau Anti Cardioliphin Antibodies!

ACA adalah kondisi tubuh membentuk reaksi antibodi atau menolak cardioliphin-suatu komponen dari fosfolipid (lemak) yang menyusun dinding pembuluh darah, yang dikenal juga dengan sindrom antifosfolipid atau PAS (Anti Phosoholipid Syndrome). Jika ibu hamil menderita ASP terbukti dari hasil tes darah, maka ACA positif. Tubuh akan membentuk anti terhadap fosfolipid pada dinding sel pembuluh darah. Reaksinya pada dinding sel pembuluh darah. Reaksinya berupa darah mengental, sehingga aliran daraj lambat, suplai nutrisi dan oksigen terhambat.

Berisiko keguguran. Jika aliran darah lambat saat hamil karena darah kental, maka janin tidak bisa tumbuh dan akhirnya gugur. Namun bukan berarti setiap ibu hamil dengan sindrom ACA janinnya pasti gugur. Adaptasi setiap ibu daa janin berbeda. Jika janin sehat, berarti daya adaptasinya sangat baik.

Penyebab: Belum diketahui pasti. Dugaan sementara karena faktor genetik.
Lakukan ini:
  • Periksa ke dokter ahli (hematology) bila Anda merasa ada kelainan darah dan sistem pembuluh darah. Bila ACA positif berarti Anda menderita sindrom APS. Dokter akan melihat seberapa berat penyakitnya.
  • APS ringan: cukup minum obat-obatan pengencer darah golongan ringan, seperti aspilet dan aspirin.
  • APS berat: Dokter akan memberi suntikan obat Heparin. Karena harus menyuntik setiap hari, Anda akan diajari cara menyuntik sendiri. Suntikan dilakukan tiap hari sampai persalinan dan dilanjutkan 5 hari setelah persalinan.
  • Selain tetap kontrol kesehatan janin ke dokter kandungan dan kondisi APS ke hematology, sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung asam folat dan kaya zat-zat antioksidan, yaitu vitamin E dan vitamin C, misalnya sayur atau buah-buahan.
  • Persalinan bisa dilakukan secara normal sepanjang bayi sehat. persalinan melalui operasi hanya dilakukan dengan alasan medis, bukan karena APS. Jika persalinan dilakukan lewat operasi , konsumsi obat-obatan pengencer darah harus dihentikan 24 jam sebelumnya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Rambut Bunda Selama Hamil

Kalau Bunda sedang hamil dan rambut Anda menebal, Anda termasuk yang diuntungkan oleh hormon kehamilan. Anda yang justru menipis rambutnya, tak perlu risau. ... read more