Janin Perlu Lemak

 

Tidak selamanya lemak harus dimusuhi, salah satunya asam lemak tak jenuh.  Ibu hamil butuh asam  lemak  tak jenuh untuk tumbuh kembang sel-sel saraf saraf dan otak janin. Selain penting untuk pertumbuhan otak janin, ibu hamil membutuhkan asam lemak tak jenuh sebagai sumber energi selain karbohidrat.  

Beberapa asam lemak tak jenuh yang penting bagi perkembangan otak adalah, asam lemak omega -6 (asam linoleat) dan asam lemak omega-3 (asam Alfa-linolenat). Asam lemak omega-6 merupakan pembentuk asam lemak arakidonat (AA atau ARA). Sedangkan asam lemak omega-3 di dalam tubuh diubah menjadi senyawa turunannya, yaitu EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). AA atau ARA dan DHA telah terbukti sebagai lemak dominan penyusun sel-sle saraf dan otak bayi. Dan DHA terbukti secara klinis mendukung perkembangan otak janin.

Asal lemak omega-6 dapat diperoleh melalui bahan makanan nabati dan produk olahannya, seperti minyak kedelai atau minyak zaitun. Sedangkan asam omega-3 dapat diperoleh dari ikan laut yang berdaging tebal, seperti ikan salmon, sarden, kembung, tuna dan tenggiri. Selain itu, bisa juga didapat dari ikan air tawar seperti tawes.

Secara umum sebaiknya ibu hamil mengonsumsi bahan-bahan makanan nabati dan ikan yang mengandung omega-3  sebanyak 2-3 kali dalam menu seminggu. (me)

Resep masakan kaya asam lemak tak jenuh:

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more