Kebutuhan Air Ibu Hamil

 

Secara umum, kebutuhan air selama masa kehamilan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion dan volume darah yang meningkat.

Selain itu, dimasa kehamilan, khususnya pada trimester tiga, wanita akan membutuhkan lebih banyak konsumsi air terutama bila ia mengalami inkotinensia urin fisiologis akibat adanya tekanan pada kandung kemih oleh uterus yang membesar.

Kurangnya asupan air pada wanita hamil dapat mengakibatkan sejumah gangguan tubuh selama kehamilan. Gangguan ini dibagi menjadi ganguan akibat hipovilemia ringan akut, dan hipovelemia ringan kronik.
  • Hipovelemia ringan akut: Oligohidroamnion, kala persalinan lama, gangguan pada janin.
  • Hovolemia ringan kronik: Urolitiasis, infeksi saluran kemih, konstipasi, hipertensi, tromoembolisme vena.
Konsumsi air yang cukup, tentu sangat diperlukan bagi wanita hamil dan menyusui, tetapi perlu disadari bahwa yang diperlukan adalah konsumsi yang berimbang dan tidak berlebihan. Pilihlah sumber air putih terbaik dengan menyadari manfaat dan resikonya.
  • Pada kondisi tertentu, misalnya demam, ibu hamil dianjurkan minum air yang banyak guna menghindari kurang air karena terjadi penguapan, terlebih lagi pada ibu menyusui.
  • Pada kasus konstipasi, asupan air putih yang cukup bagi ibu hamil (sekitar 13 gelas) dapat membantu meringankan gejala konstipasi.
  • Untuk mecegah terjadinya infeksi slauran kemih pada kehamilan, pasien dianjurkan minum setidaknya 3 liter air sehari dan tidak menahan keinginan berkemih di samping tetap menjaga hygiene daerah genital yang baik serta berkemih sebelum dan sesudah aktivitas seksual.
  • Saat persalinan, dengan mempertimbangkan volume darah yang keluar (150-250 mL), energi yang diperlukan untuk meneran, dan keringat yang dikeluarkan, maka diperkirakan ibu memerlukan tambahan air minimal 2 gelas (500 mL) sebelum fase aktif persalinan.
Perlu diwaspadai pemilihan air minum pad aibu hamil karena zat-zat toksik, misalnya timbale, dapat menyebbakan aborsi spontan serta gangguan perkembangan saraf pada janin. Pencemaran air minum pad aibu hamil telah menjadi masalah yang cukup penting, khususnya pada ibu hamil dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, misalnya HIV/AIDS. (me)

Baca juga:
Air Putih Untuk Ibu Hamil 









 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more