Perangkat Penting Ibu Hamil di Mobil

 



Mobil bisa jadi rumah kedua bagi ibu hamil yang padat aktrivitasnya. Perangkat apa saja yang perlu mendampingi saat di perjalanan, agar calon bunda tetap nyaman dan tenang membelah kemacetan jalan raya? Simak!

1. Kotak pendingin
Kotak pendingin diperlukan supaya Bunda bisa menyimpan makanan atau minuman, agar tetap segar. Ibu hamil biasanya menyediakan botol minum air putih dalam jumlah banyak di dalam mobil agar terhindar dari dehidrasi. Buah-buahan atau salad juga bisa disimpan di kotak pendingin mobil sebagai kudapan yang menyehatkan.

2. Payung
Ketika di luar hujan atau panas terik, Bunda bisa langsung buka payung yang akan menghindari dari air hujan atau paparan matahari yang menyengat. Sebab, saat sedang hamil di musim penghujan, seringkali daya tahan tubuh menurun, dan saat panas terik, tubuh dan perasaan bisa jadi sangat sensitif.

3. Matras
Matras perlu disediakan di dalam mobil jika Bunda mengikuti aktivitas senam yoga hamil. Agar nyaman, pilih matras yang teksturnya halus dan lentur. Matras juga berfungsi sebagai tumpuan dan mencegah terjadinya cidera.

4. Handsanitizer, tisu kering dan, tisu basah
Bunda harus sedia handsanitizer dan tisu basah, sehabis memegang atau menggunakan fasilitas umum di luar mobil. Lalu gunakan tisu kering jika Bunda berkeringat dan untuk membersihkan tangan jika basah. Tisu juga berguna pula saat harus buang air di toilet umum ketika di tengah perjalanan.


5. Pakaian Dalam
Bagi Bunda yang beraktivitas seharian di luar rumah, pastikan sedia pakaian dalam di mobil. Gunanya, untuk menjaga organ intim wanita terhindar dari jamur dan bakteri. Selama hamil, suhu tubuh akan meningkat dan cairan vagina juga kadang-kadang keluar, sehingga membuat ibu hamil rentan terhadap infeksi bakteri. Begitupun juga bra ibu hamil, simpanlah beberapa bra di tas.






6. Camilan
Selama perjalanan di mobil, ibu hamil perlu mengisi perut dan antisipasi jika lapar, apalagi jika perjalanan jauh atau macet. Sediakan camilan-camilan ringan yang sehat, seperti biskuit gandum, roti kering, kacang-kacangan, dan kismis.

7. Minyak angin dan Obat mual
Jika Bunda merasa mual dan pusing dalam perjalanan di dalam mobil, sediakan minyak angin. Tetapi jika ingin mengonsumsi obat mual, Bunda perlu konsultasi ke dokter. Agar lebih fit saat bepergian, pastikan saat bangun tidur, Anda minum segelas air hangat dan sedikit biskuit sereal atau roti. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering sangat disarankan bagi ibu hamil.

8. Stiker/tanda “Pregnant On Board”

Bunda perlu menempelkan stiker/tanda “pregnant on board” supaya pengendara lain berhati-hati dalam berkendara, mengingat ada ibu hamil di mobil tersebut. Bunda pastinya menghindari pengendara lain yang ugal-ugalan dalam berkendara, jangan sampai menyenggol atau menyerempet apalagi menabrak mobil Anda.

9. Bantal
Bantal sangat penting untuk ibu hamil saat sedang duduk di kursi mobil. Apapun bentuk dan ukurannya, bantal akan menjadi ganjalan yang nyaman untuk tubuh, punggung, pinggang, atau kaki.

10. Musik atau playlist favorit

Di dalam mobil, paling asik sambil mendengarkan musik yang merdu yang membuat relaks. Apalagi sejak usia 24 minggu, janin pun sudah mulai menggunakan indera pendengarannya. Sehingga rangsangan suara dari sekeliling maupun dari luar rahim dapat didengar. Dan tak harus musik klasik, kok Bunda. Apapun musiknya, selama calon ibu merasa tenang dan dapat menikmati alunan musik, maka musik itu turut dinikmati oleh janin

Baca Juga:
7 Perlengkapan Bersepeda Ibu Hamil
Siapkan 10 Perlengkapan Perawatan Bayi


 



Artikel Rekomendasi