Tenang Selama Hamil dengan Autohipnosis

 

Ciptakan ketenangan dan keharmonisan antara hati, pikiran, dan tubuh dengan menyugesti diri sendiri saat Anda hamil. Hal ini sebagai jawaban atas keluhan-keluhan yang mengiringi kehamilan.

Berbagai perubahan yang terjadi selama kehamilan umumnya menimbulkan sederet keluhan. Nah, latihan autohipnosis membantu Anda melihat seluruh proses kehamilan dan kelahiran bayi sebagai sebuah anugerah yang patut disyukuri.

Kuncinya, rileks dan tenang. Dalam buku HypnoBirthing, A Celebration of Life karangan Marie F. Morgan, M. Ed., M.Hy. disebutkan bahwa Bapak Kedokteran, Hippocrates dan Aristoteles telah mengungkapkan sejak jaman dahulu, pentingnya ketenangan hati dan pikiran seorang ibu di saat menjalani kehamilan serta persalinan. Tujuannya, agar lingkungan dapat bekerja dengan baik dalam membantu seluruh proses hingga selesai.

Pada kenyataannya, untuk mencapai kondisi tenang, tidaklah semudah yang dibayangkan. Semua memang terpulang kepada pribadi masing-masing. Nah, salah satu cara atau teknik yang dapat membantu Anda untuk mencapai ketenangan adalah dengan autohipnosis atau sugesti terhadap diri sendiri. Ketenangan pikiran dan hati, pada akhirnya akan menumbuhkan sikap menerima segala sesuatu yang sedang berlangsung dengan lapang dada, alias mampu berdamai dengan diri sendiri.

Yuk, latihan. Cara paling mudah untuk mulai berlatih autohipnosis adalah dengan membiasakan diri melihat hal-hal yang indah saja. Maksudnya, berusahalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif. Kemudian, tingkatkan dengan menggunakan sarana atau alat bantu untuk mencapai kondisi tenang, yaitu:

Kenakan pakaian yang nyaman.  Duduklah di ruangan yang tenang, nyaman, bersuhu sejuk, dengan pencahayaan yang temaram. Anda dapat duduk bersila di lantai beralas karpet atau duduk di atas bantal.

Putarlah musik atau lagu kesayangan Anda yang memiliki nada atau irama berulang-ulang, tenang, serta lembut.
 
Cobalah memusatkan pikiran pada alunan suara musik atau pada benda yang Anda tatap terus-menerus selama kurang lebih 3-5 menit. Pada awalnya mungkin tidak mudah. Tapi, dengan tekun berlatih, Anda akan mampu mencapai kondisi tenang.

Setelah kondisi tenang berhasil Anda capai, mulailah untuk memasukkan sugesti atau afirmasi, yang bisa disesuaikan dengan usia kehamilan Anda.
 
Trimester pertama: nyatakan bahwa mulai saat ini Anda akan selalu tenang menghadapi berbagai perubahan yang terjadi, terutama perubahan hormonal.
Trimester ke-2: nyatakan bahwa Anda dan janin Anda akan tumbuh dengan sehat hingga mencapai usia kehamilan yang cukup untuk bersalin.
Trimester ke-3: mengingat seringnya muncul kekhawatiran tentang kondisi kesehatan janin serta ketakutan terhadap persalinan, maka nyatakan bahwa Anda dan janin Anda akan selalu dalam keadaan tenang dan sehat.

Yang perlu diketahui
  • Autohipnosis dapat Anda latih setiap hari. Kapan saat yang tepat, tergantung pada Anda. Bisa pagi, siang, atau malam hari. Cukup lakukan selama 10-15 menit.
  • Autohipnosis bisa dilakukan sambil menyentuhkan telapak tangan dengan lembut ke perut. Jadi, setelah Anda mencapai kondisi tenang, sentuhlah seluruh permukaan perut dengan kedua telapak tangan, sambil meniatkan bahwa melalui sentuhan tangan ini seluruh hormon endorphin akan terkumpul pada dinding rahim Anda.
  • Sugesti tersebut sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan Anda mencapai akhir trimester ke-3 hingga tiba saat bersalin. Melalui sugesti dengan sentuhan ini, rasa sakit luar biasa dari kontraksi yang terjadi menjelang persalinan, bisa tidak terasa sama sekali atau sangat jauh berkurang.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Keguguran Akibatkan PTSD

Apapun penyebab keguguran, pasti menimbulkan perasaan sedih berkepanjangan. Kesedihan ini tak dapat diukur dari lamanya kehamilan. Walau kehamilan baru berusia beberapa minggu misalnya, rasa kehilanga... read more