Cek Kesehatan Setelah Melahirkan

 

Selesai melahirkan, Anda wajib "lapor diri" ke dokter obgin lagi. Apa saja yang perlu di cek?

1 Minggu setelah melahirkan. Dokter akan memeriksa perineum apakah mengalami infeksi atau tidak. Tanda terjadi infeksi bila ada cairan lain, selain lokia, berwarna putih dan berbau tak sedap, dan terlihat bengkak dan merah di perineum. Mengetahui hal ini, dokter akan memberikan antibiotik dan menganjurkan Anda merawat luka dengan cara bath seat, yakni berjongkok atau duduk, kemudian membasuh bekas luka dengan cairan antiseptik.
Bersihkan perineum dengan cara mencuci tangan sebelum mengganti pembalut, bersihkan perineum dengan air hangat setelah buang air, dan jangan gunakan suhu air terllau panas karena membuat perineum nyeri. Bersihkan dengan handuk bersih, tepuk-tepuk perlahan. Selalu bersihkan dari arah vagina ke anus agar bakteri dari rektum/anus tidak terbawa ke vagina.

6 Minggu setelah melahirkan,
masa nifas umumnya sudah selesai, dan dokter kandungan akan melakukan serangkaian pemeriksaan:
  • Berat Badan: Umumnya, berat badan seorang ibu pasca persalinan sudah berkurang sekitar 3,5 – 4 kilogram.
  • Tekanan darah: apakah telah kembali normal, yaitu 120/80 mm/Hg.
  • Kondisi payudara: apakah ada sumbatan pada saluran ASI, apakah puting tidak melesak ke dalam? Apakah terjadi infeksi payudara (mastitis) sehingga terasa bengkak, merah dan lebih lembut. Beberapa dokter tidak melakukan pemeriksaan langsung namun menanyakan kelancaran proses laktasi. Jangan ragu konsultasikan masalah Anda selama pemeriksaan.
  • Pemeriksaan panggul: apakah ukuran rahim telah normal kembali?  Apakah mulut leher rahim (serviks) telah menutup? Apakah masih ada sisa-sisa plasenta di dalam rahim yang dapat menyebakan perdarahan dan infeksi. Apakah episiotomi (jahitan pada perineum) telah sembuh?
Bila setelah 6 minggu pasca persalinan tetap terjadi konstipasi, perbanyak konsumsi air dan makanan berserat, seperti sayur dan buah. Jika tidak membantu, konsultasikan pada dokter saat pemeriksaan. Anda mungkin diberi obat pencahar.  

Dokter mungkin juga akan melakukan konseling kontrasepsi. Bagi ibu yang tak menyusui, haid pertama biasanya datang 5-8 minggu setelah persalinan. Untuk menghindari kehamilan, bicarakan tentang alat kontrasepsi mana yang paling cocok untuk Anda.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more